Berita

Satgas Samapta Polres Lombok Barat Pastikan Keamanan Pospam dan Kotak Suara dalam Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024

×

Satgas Samapta Polres Lombok Barat Pastikan Keamanan Pospam dan Kotak Suara dalam Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024

Sebarkan artikel ini
Sat Samapta Polres Lombok Barat Amankan Pemilu 2024

Lombok Barat, NTB – Satuan Samapta Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan berbagai kegiatan pengamanan dalam rangka Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024.

Bertujuan untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024, Jumat (23/2/2024).

Apel Malam dan Pengamanan Objek Vital

Salah satu kegiatan Sat Samapta Polres Lombok Barat adalah apel malam. Bertempat di Mako Polres Lombok Barat, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Apel malam ini merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan menggunakannya dalam pengamanan pemilu.

“Selain itu, kami dari Sat Samapta Polres Lombok Barat juga melaksanakan pengamanan di beberapa objek vital, seperti Pelabuhan Gili Mas Lembar dan PT Sarana Bukit Alami,” ungkapnya.

Baca Juga  Polda NTB Terima Kunjungan adik-adik Siswa Siswi SLB 1 Mataram

Pengamanan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu kelancaran arus barang dan penumpang. Khususnya yang berkaitan dengan logistik pemilu.

Pengecekan Pospam dan Pengamanan Kotak Suara

Kegiatan lain oleh Sat Samapta Polres Lombok Barat adalah pengecekan anggota pospam yang bertugas mengamankan Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024.

“Pengecekan ini di beberapa lokasi, seperti Kantor KPU Lombok Barat, Kantor Bawaslu Lombok Barat, dan Gudang KPU Lombok Barat,” jelasnya.

Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk memastikan bahwa anggota pospam dalam kondisi siap dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

Selanjutnya, Sat Samapta Polres Lombok Barat juga melaksanakan pengamanan kotak suara dan rapat pleno terbuka di PPK Kecamatan Kediri dan Lembar.

Baca Juga  Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polres Lombok Barat Patroli Kantor DPRD

Pengamanan ini untuk menjamin keamanan dan keabsahan hasil perhitungan suara, serta mengantisipasi adanya potensi konflik yang dapat merusak suasana demokrasi.

Sinergi dengan Stakeholder Terkait

Dalam melaksanakan kegiatan pengamanan pemilu, Sat Samapta Polres Lombok Barat tidak bekerja sendiri. Melainkan bersinergi dengan stakeholder terkait, seperti TNI, KPU, Bawaslu, dan masyarakat.

“Sinergi ini harapannya dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, sehingga pemilu serentak 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan demokratis,” imbuhnya.

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, AKP Sony Hartono, mengatakan bahwa kegiatan pengamanan pemilu ini harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh personelnya untuk menjaga netralitas dan profesionalisme dalam bertugas. Serta mengedepankan sikap humanis dan persuasif dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Baca Juga  Meningkatkan Kemitraan dengan Masyarakat: Polsek Labuapi Lakukan Patroli Terjadwal di Jalur BIL I dan BIL II

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *