BeritaDaerahKesehatanNTBSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Germas Jabrik: Inisiatif Babinsa Koramil Gangga Perangi Demam Berdarah Bersama Masyarakat

×

Germas Jabrik: Inisiatif Babinsa Koramil Gangga Perangi Demam Berdarah Bersama Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Dalam semangat gotong royong dan kesehatan masyarakat, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-10/Gangga laksanakan Gerakan Masyarakat Berantas Jentik (Germas Jabrik). Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam memerangi penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah, dengan mengeliminasi habitat perkembangbiakan nyamuk – jentik di Sepanjang Jalan Desa Sambik Bangkol, Dusun Kelongkong, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Jum’at (17/5/2024).

 

Babinsa bersama masyarakat, dan staf desa bekerja bahu-membahu untuk membersihkan area genangan air dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Dengan pendekatan yang bersifat edukatif dan pemberdayaan, Babinsa tidak hanya membantu dalam pembersihan tetapi juga memberikan pengetahuan dan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga  Polisi dan Masyarakat Saling Berbagi di Program Jum’at Curhat Polsek Labuapi

 

Komandan Koramil (Danramil) 1606-10/Gangga, Kapten Inf Maturidi, menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk “memberikan bantuan, motivasi, dan memperkuat kehadiran Babinsa sebagai pembina desa di tengah-tengah masyarakat. Pendampingan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

 

Inisiatif ini telah mendapatkan respon positif dari masyarakat, yang menyadari pentingnya kerjasama dan partisipasi aktif dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan bersama. “Melalui Germas Jabrik, Babinsa Koramil 1606-10/Gangga menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung kemajuan desa mulai dari sektor kesehatan, pertanian dan kesejahteraan masyarakat. Dengan dilaksanakannya Germas Jabrik ini sekaligus bentuk pemerintah desa dalam memperkuat hubungan antara TNI dan rakyat,” jelas Suhaedi, A.Md., Kepala Desa Sambik Bangkol.

Baca Juga  Musyawarah Pemekaran Dusun Karang Bongkot: Langkah Menuju Kemajuan Desa

 

Kegiatan ini merupakan contoh konkret dari upaya Koramil 1606-10/Gangga dalam mendukung kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah teritorial Kodim 1606 Mataram. “Diharapkan, dengan adanya kegiatan seperti Germas Jabrik, dapan mengurangi dan mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk pembawa virus Demam Berdarah Dengue (DBD),” harapnya.

 

Suhaedi, A.Md., juga berharap, “Dengan semangat kebersamaan dan dedikasi yang tinggi, Babinsa Koramil 1606-10/Gangga dan masyarakat setempat berkomitmen untuk terus melanjutkan kegiatan positif ini, menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan produktif bagi generasi saat ini dan yang akan dating,” Tutup Kepala Desa Sambik Bangkol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *