BeritaBinkamDaerahKabar DesaNasionalNTBSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Solusi Irigasi di Musim Kemarau: Babinsa dan Dinas Pertanian KLU Rancang Pembangunan Pompa di Desa Sokong

×

Solusi Irigasi di Musim Kemarau: Babinsa dan Dinas Pertanian KLU Rancang Pembangunan Pompa di Desa Sokong

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Dalam rangka mendukung program percepatan Pompanisasi dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-02/Tanjung bersama Tim Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Kelompok Tani (Pok Tan) Perawira melakukan peninjauan lokasi pembangunan pompa di Dusun Karang Sobor, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, KLU. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengairi area pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah tersebut, Rabu (22/5/2024).

Dengan semangat kolaborasi, Babinsa dan tim pertanian berdiskusi tentang rencana pembangunan pompa, pemeliharaan, dan pengoperasian. Mereka juga berinteraksi dengan petani setempat untuk memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi dalam mengelola lahan pertanian. Selain itu, Babinsa memberikan informasi tentang teknologi pertanian terbaru yang dapat membantu petani meningkatkan hasil panen.

Baca Juga  Babinsa dan Kades Peteluan Indah Turun Langsung Tinjau Dampak Pohon Tumbang

Babinsa Sokong, Serda Hengky menjelaskan, “pengecekan tersebut kami lakukan bersama dalam menentukan titik strategis yang dapat memudahkan Pok Tan Perawira dalam mengakses dan memudahkan untuk proses pendistribusian ke aliran irigasi pertanian,” jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Persarana Sarana Penyuluhan (PSP) KLU, Hamdani, S.ST., yang turun langsung bersama Babinsa Sokong mengungkapkan, “penentuan titik ini sangat penting untuk melakukan pengecekan dan evaluasi titik lokasi agar dapat memudahkan pekerja dan petani nantinya,” ucapnya.

“kami berharap, dengan program pompanisasi dari KSAD dan Kementan ini dapat mengurangi ke khawatiran petani dalam mengairi area persawahannya saat musim kemarau. Semoga pembangunan pompa ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi petani di Dusun Karang Sobor dan mendorong pertumbuhan sektor pertanian di KLU,” tambah Kabid PSP KLU ini.

Baca Juga  Peran Aktif Kades, Babinsa, dan Kapus Dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *