Bali NusraBeritaKetahanan PanganLobarLombokLombok BaratNewsPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Kolaborasi Babinsa dan Petani: Efisiensi Irigasi untuk Masa Depan Pertanian Sekotong

×

Kolaborasi Babinsa dan Petani: Efisiensi Irigasi untuk Masa Depan Pertanian Sekotong

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-06/Sekotong, bersama pertani mulai uji coba mesin pompa air bantuan dari Kementerian Pertanian. Uji coba ini dilakukan di Kelompok Tani (Poktan) Tunas Lestari, Dusun Berambang, Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (20/7/2024).

 

Kegiatan tersebut diikuti langsung oleh Ketua Poktan Tunas Lestari, Haji Manaf, anggota Poktan, serta tokoh masyarakat setempat, Sanif. Mereka bersama-sama menyaksikan dan berharap besar pada mesin pompa air yang dirancang ini untuk meningkatkan efisiensi irigasi di lahan pertanian seluas ±25 hektar yang mereka kelola.

 

Menurut Serma Sukri, Babinsa Batu Putih, mesin pompa air ini adalah solusi tepat untuk mendongkrak produktivitas pertanian. “Kami berharap mesin ini bisa digunakan maksimal oleh para petani sehingga hasil pertanian di daerah ini meningkat signifikan,” ujarnya.

Baca Juga  Kepolisian Kawasan Pelabuhan Lembar Jaga Keamanan dan Kendali di Toll Gate PT. ASDP Lembar

 

Haji Manaf, Ketua Poktan Tunas Lestari, tidak bisa menyembunyikan rasa syukurnya atas bantuan yang sangat berarti ini. “Mesin pompa air ini adalah anugerah bagi kami. Dengan ini, suplai air untuk tanaman bisa terjaga, terutama saat musim kemarau,” ungkap Haji Manaf.

 

“Pendampingan dari Babinsa dan uji coba mesin pompa berjalan lancar, air mengalir dengan cukup deras. Semoga dengan adanya pompa ini dapat mengairi area persawahan dengan cukup,” tambahnya.

 

Kegiatan tersebut juga mendapat respon  positif dari masyarakat setempat. Mereka berharap bantuan serupa terus mengalir untuk memajukan sektor pertanian di Kecamatan Sekotong. Dengan semangat gotong royong dan dukungan teknologi di sektor pertanian para petani semakin semangat dan mudah dalam akses air irigasi.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Tangani Cepat Perkelahian Remaja Putri, Begini Kronologinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *