Berita

Polisi Patroli Pantai Cemara, Liburanmu Makin Aman!

×

Polisi Patroli Pantai Cemara, Liburanmu Makin Aman!

Sebarkan artikel ini
Polisi Patroli Pantai Cemara, Liburan Aman dan Nyaman di Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Polsek Lembar dari Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan patroli rutin di Obyek Wisata Pantai Cemara. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolsek Lembar, Ipda Joko Rudiantoro, S.H., M.H., Minggu (28/8/2024).

Patroli ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, serta mencegah terjadinya tindakan kriminal.

Tujuan Patroli: Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Kegiatan patroli ini, bertujuan untuk mengantisipasi berbagai gangguan kamtibmas.  Seperti premanisme, tindakan kriminal 3C (Curat, Curas, dan Curanmor), serta tindak kejahatan lainnya.

Pantai Cemara, yang terletak di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, merupakan salah satu destinasi wisata popular. Terutama wisatawan lokal dengan suguhan kapal penyeberangan yang berlalu Lalang di perairan ini.

Oleh karena itu, kehadiran aparat kepolisian sangat penting untuk memastikan para pengunjung dapat menikmati liburan mereka dengan aman dan nyaman.

Baca Juga  Patroli Polsek Sekotong Ciptakan Situasi Aman di Dermaga Tembowong

Langkah-Langkah Preventif oleh Polres Lombok Barat

Dalam patroli ini, tim kepolisian melakukan beberapa langkah preventif. Salah satu langkah utama adalah mengimbau para pengunjung untuk selalu memperhatikan anak-anak mereka yang sedang bermain atau mandi di pantai.

“Hal ini penting untuk mencegah kecelakaan atau insiden yang tidak kita inginkan, mengingat kecelakaan laut rawan bagi anak-anak,” ungkapnya.

Selain itu, petugas juga memberikan informasi mengenai layanan kepolisian 110 yang masyarakat dapat menghubunginya secara langsung. Jika pengunjung membutuhkan bantuan.

Menyampaikan informasi ini untuk memastikan bahwa pengunjung dapat segera mengakses bantuan kepolisian.

Peran Aktif Masyarakat dalam Menjaga Keamanan

Kehadiran patroli ini tidak hanya sebagai bentuk pengawasan. Tetapi juga untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

Baca Juga  Tokoh Agama di Lombok Barat Jalin Kemitraan dengan Polisi Jaga Kondusivitas Pilkada

Kapolsek Lembar, Ipda Joko Rudiantoro, S.H., M.H., menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan di sekitar area wisata. “Masyarakat dapat menjadi mata dan telinga bagi kami. Melaporkan setiap aktivitas mencurigakan atau potensi ancaman yang mereka lihat,” ujarnya.

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat juga menambahkan bahwa keterlibatan aktif masyarakat sangat membantu. Dalam upaya preventif yang kepolisian laksanakan.

“Kami sangat mengapresiasi setiap informasi yang diberikan oleh masyarakat. Ini membantu kami dalam mengambil tindakan cepat dan tepat untuk mencegah tindak kriminal,” ungkapnya.

Keamanan Wisatawan Menjadi Prioritas

Pantai Cemara, dengan keindahan alamnya yang memukau, menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan di Lombok Barat.

Oleh karena itu, memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung adalah prioritas utama di Kecamatan Lembar.

Baca Juga  Patroli Presisi Polres Lombok Barat Jaga Keamanan Warga, Imbau Waspada di Jam Rawan

Patroli rutin seperti ini merupakan bagian dari upaya Polres Lombok Barat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi pariwisata.

Dengan kerjasama yang baik antara aparat kepolisian dan masyarakat, sehingga angka kriminalitas di area wisata dapat menekannya. Agar para wisatawan dapat menikmati liburan mereka dengan tenang.

Harapan Kedepan

Ke depan, Polres Lombok Barat akan terus melakukan patroli rutin di berbagai area wisata dan publik lainnya.

Selain itu, edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya keamanan dan ketertiban akan terus meningkatkannya.

“Kami berharap masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga keamanan bersama. Dengan begitu, Lombok Barat dapat menjadi daerah yang tidak hanya indah secara alam, tetapi juga aman dan nyaman bagi semua,” tutup Ipda Joko Rudiantoro, S.H., M.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *