Berita

Patroli Dialogis Polres Lombok Barat, Pastikan Keamanan Pilkada

×

Patroli Dialogis Polres Lombok Barat, Pastikan Keamanan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Operasi Gatari Praja 2024, Polres Lombok Barat Jaga Kamtibmas

Lombok Barat, NTB – Subsatgas Samapta Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan kegiatan patroli dialogis pada Selasa (13/8/2024).

Dalam rangka memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) tetap terjaga menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Patroli ini merupakan bagian dari Operasi Gatari Praja 2024 yang bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman, sejuk, dan damai di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan yang Efektif dan Berkelanjutan

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, Iptu Eko Nugroho, S.H., mengatakan dalam kegiatan ini untuk melakukan pengawasan dan dialog dengan masyarakat. Bertempat di sepanjang Jalan Raya Lembar, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

“Bertujuan utama menciptakan rasa aman di tengah-tengah masyarakat serta mendorong partisipasi aktif dalam menjaga ketertiban umum,” ungkapnya.

Baca Juga  Logistik Pemilu Lombok Barat Aman Terkendali, Wakapolres: Personel Siaga Jaga Keamanan

Iptu Eko Nugroho menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga sitkamtibmas yang kondusif, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada.

“Kami berupaya agar masyarakat merasa nyaman dan terlindungi. Selain itu, kami juga memberikan himbauan. Agar mereka turut serta dalam menjaga keamanan selama proses Pilkada berlangsung,” ujar Iptu Eko Nugroho.

Dialog dengan Masyarakat: Membangun Kepercayaan dan Kolaborasi

Patroli dialogis ini bukan hanya sekadar pengawasan, tetapi juga sebagai upaya pendekatan kepada masyarakat.

Melalui dialog yang dilakukan, pihak kepolisian dapat mendengar langsung kekhawatiran dan aspirasi warga terkait situasi keamanan di daerah mereka.

Hal ini menjadi salah satu langkah strategis dalam membangun kepercayaan antara masyarakat dan pihak kepolisian. Sekaligus mendorong kolaborasi dalam menjaga ketertiban dan keamanan bersama.

Baca Juga  Silaturahmi dan Dukungan Antara Polres Lombok Barat dan Pengurus PP Polri Diperkuat Melalui Kegiatan Anjangsana

Selama kegiatan patroli, personil Subsatgas Samapta juga melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat setempat.

“Mereka mendiskusikan langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk mencegah potensi gangguan keamanan, terutama selama masa kampanye hingga pasca pemilihan. Koordinasi ini mencakup pemetaan wilayah yang dianggap rawan serta penempatan personil di titik-titik strategis untuk meminimalisir risiko konflik,” bebernya.

Menciptakan Pilkada yang Aman dan Kondusif

Operasi Gatari Praja 2024 yang sedang digelar oleh Polres Lombok Barat merupakan bagian dari upaya Polda NTB dalam memastikan Pilkada berlangsung tanpa adanya gangguan keamanan yang berarti.

Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh adat dan tokoh agama, operasi ini bertujuan untuk menciptakan suasana Pilkada yang aman, sejuk, dan damai.

Baca Juga  Polsek Kediri Tingkatkan Keamanan dengan Patroli Blue Light di Wilayah Rawan

Dalam himbauannya, Iptu Eko Nugroho menyampaikan pesan penting kepada masyarakat untuk selalu waspada dan melaporkan setiap kegiatan yang mencurigakan kepada pihak berwajib.

“Kami sangat menghargai partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan. Dengan bersama-sama, kita dapat memastikan bahwa Pilkada di Kabupaten Lombok Barat berjalan dengan aman dan lancar,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *