Bali NusraBeritaBerita LokalBerita NTBBerita UtamaBreaking NewsEdukasiLombokMahasiswaMataramNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanPendidikanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Dandim 1606/Mataram Berikan Inspirasi Kepemimpinan di FEB UNRAM

×

Dandim 1606/Mataram Berikan Inspirasi Kepemimpinan di FEB UNRAM

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., tampil sebagai pemateri dalam acara pembekalan kepemimpinan profesional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mataram (UNRAM). Acara yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen ini salah satu rangkaian acara Latihan Kader Kepemimpinan (LKK) HMJ FEB UNRAM, yang dihadiri oleh mahasiswa baru dan mahasiswa semester 1, 3, serta 5 dari jurusan Manajemen.

 

Kegiatan tersebut berlangsung penuh antusiasme dengan kehadiran sekitar ±100 peserta. Para mahasiswa tampak sangat antusias dalam menyerap materi yang disampaikan oleh Dandim 1606/Mataram. Selain mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh Ketua HMJ FEB UNRAM, Dr. Baiq Handayani Rinuastiti, S.E., M.M., Pembina HMJ Manajemen, Abdurahman S.E., M.M., serta sejumlah tokoh penting lainnya dari lingkungan kampus.

Baca Juga  Komitmen Keselamatan: Aruna Senggigi Gelar Pelatihan Intensif Hadapi Situasi Darurat

 

Sesi pembekalan diawali dengan sambutan dari moderator acara, Amraini Dinda Wahyuni, yang menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Dandim 1606/Mataram. Sebagai bentuk penghargaan, Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., menerima pengalungan selendang, simbolisasi kehormatan dari mahasiswa FEB UNRAM kepada sang pemateri.

 

Mengusung tema “Kepemimpinan adalah Seni dan Kecakapan,” Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., berbagi pandangannya tentang makna kepemimpinan yang lebih dari sekadar jabatan. “Kepemimpinan adalah seni memengaruhi orang lain untuk bekerja dengan dedikasi dan kepercayaan penuh. Pentingnya keseimbangan antara kepentingan kelompok dan kebutuhan individu dalam sebuah organisasi,” Tegasnya Saat memberikan materi di Ruang Teatee FEB UNRAM, Sabtu (7/9/2024).

Baca Juga  Polsek Lembar Amankan Pasar Rakyat Rona-rona

 

“Seorang pemimpin sejati tidak hanya memimpin dengan kepala, tapi juga dengan hati. Harus ada keselarasan antara visi yang besar dan kemampuan untuk membimbing orang-orang menuju tujuan tersebut,” Tambah Dandim 1606/Mataram.

 

Beliau juga memperkenalkan teori-teori kepemimpinan, mulai dari teori genetik hingga sosial, serta menguraikan berbagai gaya kepemimpinan dari militer hingga modern. Lebih lanjut, ia menekankan bahwa ciri utama seorang pemimpin meliputi imajinasi, inovasi, visi dan misi yang jelas, serta cita-cita yang tinggi.

 

Ketua Umum HMJ Manajemen, Dandy Achmad Wirayudha, mengungkapkan acara yang berlangsung dengan penuh inspirasi ini diharapkan dapat meninggalkan jejak positif bagi para mahasiswa FEB UNRAM. “HMJ Manajemen berharap bahwa nilai-nilai kepemimpinan yang disampaikan dalam sesi tersebut dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucpanya.

Baca Juga  Polsek Sekotong-Desa Pelangan Bersihkan Sampah Akibat Hujan, Jalan Raya Kembali Aman

 

Senada dengan Ketua Umum, Ketua LKK FEB UNRAM, Imam Gazali menuturkan, “Para peserta diharapkan menjadi pemimpin masa depan yang dihormati dan diidolakan, serta mampu membawa perubahan positif bagi lingkungan sekitarnya. Dengan pembekalan ini, FEB UNRAM berkomitmen untuk terus mencetak generasi muda yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat dan profesional, sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *