Berita

Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Jaga Ketat Keamanan Pelabuhan

×

Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Jaga Ketat Keamanan Pelabuhan

Sebarkan artikel ini
Polsek Lembar Jaga Ketat Pelabuhan Patroli Kapal & Pemeriksaan Penumpang

Lombok Barat, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kelancaran aktivitas di Pelabuhan Lembar. Pada hari Jumat, 26 Agustus 2024, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar yang dipimpin oleh KSPK III AIPDA FAIZI, melaksanakan serangkaian kegiatan pengamanan yang intensif.

Pengamanan Proses Pemuatan dan Patroli di KMP. DHARMA FERRY VIII

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 Wita dengan pengamanan proses pemuatan di KMP. DHARMA FERRY VIII yang akan berangkat menuju Pelabuhan Padangbai, Bali. Tidak hanya melakukan pengamanan di darat, petugas juga melaksanakan patroli di atas kapal untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama pelayaran.

Selama patroli, petugas juga memberikan himbauan kamtibmas kepada para penumpang. Para penumpang dihimbau untuk selalu berhati-hati dalam menjaga barang bawaannya dan mematuhi peraturan kapal selama pelayaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas dan memastikan kenyamanan seluruh penumpang.

Baca Juga  Koramil 1606-06/Sekotong Bagi-Bagi Takjil untuk Pengendara Yang Melintas

Pengamanan dan Pemeriksaan Bongkaran KMP. SURYA 777

Setelah proses pemuatan KMP. DHARMA FERRY VIII selesai, petugas melanjutkan kegiatan dengan pengamanan dan pemeriksaan bongkaran KMP. SURYA 777 di Dermaga I PT ASDP Lembar. Pemeriksaan dilakukan terhadap penumpang, kendaraan, dan barang bawaan yang turun dari kapal.

Pemeriksaan kendaraan meliputi pengecekan surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua kendaraan yang turun dari kapal memiliki dokumen yang sah dan layak jalan.

Hasil Kegiatan

Berkat kesigapan dan profesionalisme petugas, seluruh rangkaian kegiatan pengamanan berjalan dengan aman dan lancar. Proses pemuatan KMP. DHARMA FERRY VIII dan patroli di atas kapal berlangsung tanpa hambatan. Begitu pula dengan proses pemeriksaan penumpang dan kendaraan di bongkaran KMP. SURYA 777 yang juga berjalan lancar dan tertib.

Baca Juga  Kapolres Lombok Barat Simakrama dengan Masyarakat Dusun Tambang Eleh: Ini Keluh Kesah dan Harapan Mereka

Komitmen Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar dalam Menjaga Keamanan

Kegiatan pengamanan ini merupakan bagian dari komitmen Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Pelabuhan Lembar. Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Muhammad Farhan Arrafi, S.Tr.K., S.I.K, menegaskan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan berbagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan memastikan keamanan serta kelancaran aktivitas di Pelabuhan Lembar,” ujar Iptu Muhammad Farhan Arrafi.

Pentingnya Keamanan di Pelabuhan

Pelabuhan merupakan salah satu pintu masuk utama suatu daerah. Oleh karena itu, keamanan di pelabuhan menjadi hal yang sangat penting. Gangguan kamtibmas di pelabuhan dapat berdampak luas, tidak hanya pada aktivitas ekonomi tetapi juga pada citra daerah.

Baca Juga  Patroli Dialogis Polsek Kediri, Upaya Ciptakan Kamtibmas Aman dan Tentram

Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar menyadari betul pentingnya keamanan di pelabuhan. Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan keamanan, mulai dari patroli rutin, pemeriksaan penumpang dan kendaraan, hingga pemasangan CCTV di berbagai titik strategis.

Kerjasama dengan Berbagai Pihak

Dalam menjaga keamanan di Pelabuhan Lembar, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar tidak bekerja sendiri. Kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk otoritas pelabuhan, perusahaan pelayaran, dan masyarakat, terus ditingkatkan.

“Kami mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan di Pelabuhan Lembar. Laporkan segera jika melihat atau mengetahui adanya potensi gangguan kamtibmas,” imbau Iptu Muhammad Farhan Arrafi.

Dengan kerjasama yang baik antara semua pihak, diharapkan keamanan dan ketertiban di Pelabuhan Lembar dapat terus terjaga. Sehingga, aktivitas di pelabuhan dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *