BinkamSosial Budaya

Penyaluran Bantuan Terhadap Warga Terdampak Luapan Air di 4 Dusun Desa Perampuan Labuapi

×

Penyaluran Bantuan Terhadap Warga Terdampak Luapan Air di 4 Dusun Desa Perampuan Labuapi

Sebarkan artikel ini
Penyaluran Bantuan Terhadap Warga Terdampak Luapan Air di 4 Dusun Desa Perampuan Labuapi

Lombok Barat, NTB – Pasca terjadinya luapan air yang menggenangi rumah warga di empat Dusun di Desa Perampuan, Kecamatan Labuapi, pihak BPBD Lombok Barat dan Kepolisian turun menyalurkan bantuan, Kamis (16/2/2023).

Kapolres Lombok Barat Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Bagus Nyoman Gede J. SH., S.I.K., M.A.P., melalui Kapolsek Iptu Muhammad Baejuli, SH., menjelaskannya.

“Kami dari Kepolisian membantu penyaluran bantuan dari Dinas BPBD Kabupaten Lombok Barat. Tersalurkan kepada masing-masing warga yang terdampak akibat luapan air kali tersebut,” ungkapnya.

Sebelumnya Kapolsek Labuapi, Camat, dan BPBD Lombok Barat serta pihak Desa turun langsung melakukan penanganan terhadap luapan air yang menggenangi sejumlah rumah warga tersebut, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga  Patroli Tengah Malam Polsek Kuripan Jaga Keamanan Lombok Barat dari Ancaman 3C

“Akibat penyempitan saluran air dan banyaknya kiriman sampah, menyebabkan luapan air yang menggenangi rumah warga. Bertempat di empat titik di Wilayah Desa Perampuan, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.

Sehingga luapan air ini sejumlah rumah warga, pada di titik-titik banjir, terdampak kepada sejumalah Kepala Keluarga (KK) . Antara lain Dusun Kerepet sebanyak 70 KK, Dusun Kapitan sebanyak 70 KK, Dusun Karang Bayan sebanyak 70 KK dan – Dusun Bayan Pengsong sebanyak 70 KK.

Kami dari Kepolisian mengambil langkah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Barat dan Camat Labuapi, untuk dapat mendirikan dapur umum guna mengantisipasi terjadi hujan susulan.

“Kemudian akan turun langsung membantu menutup tanggul-tanggul atau perumahan warga dengan karung berisikan pasir,” katanya.

Baca Juga  Polsek Sekotong Lakukan Pengamanan Tradisi Nyongkolan

Selanjutnya, bersama-sama menyiapkan tempat evakuasi untuk menampung warga yang terdampak di Masjid Bayanudin Dusun Kerepet Desa Perampuan.

“Sampai dengan saat ini situasi di lokasi masih terpantau aman dan air perlahan sudah surut. Untuk mengantisipasi adanya hujan susulan Tim sudah mulai mengevakuasi warga yang terdampak khususnya warga yang punya balita,” tandasnya.

Hingga hari ini bantuan tersalurkan kepada warga terdampak, berupa Selimut 15 lembar, Air mineral 20 dus. Kemudian Mie Instar 25 dus, Sekop 3 buah dan Karung 100 buah untuk mengisinya dengan pasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *