BinkamDaerah

Penanaman Mangrove Nasional Kapolda NTB Bersama Danrem dan Pemerintah Menuju Sekotong

×

Penanaman Mangrove Nasional Kapolda NTB Bersama Danrem dan Pemerintah Menuju Sekotong

Sebarkan artikel ini
Penanaman Mangrove di Sekotong

Lombok Barat, NTB – Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto bersama sejumlah PJU Polda NTB dan Polresta Mataram serta Polres Lobar, lakukan penanaman mangrove bersama TNI dan Pemerintah Provinsi NTB, Pemkab Lombok Barat dan juga Pemkot Mataram di Sekotong, Senin (15/5/2023).

Penanaman Mangrove ini, terlaksana secara nasional oleh TNI, Polri dan Pemerintah, dalam rangka mencegah abrasi dan menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai maupun darat.

Di pusat, kegiatan yang diinisiasi oleh TNI ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Ir Djoko Widodo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jendral Polisi Listiyo Sigit Prabowo.

Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan, penanaman ini dapat mencegah abrasi dan menjaga iklim cuaca bagi manusia.

Baca Juga  Anggota Polsek Batulayar Lakukan Pembersihan, Evakuasi Pohon Tumbang yang Menghalangi Bahu Jalan

“Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat,” terangnya.

“Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan dapat membantu manusia dalam hal iklim dan cuaca yang paling nyaman disamping untuk mencegah bencana alam,” tambahnya.

Danrem 162/WB selaku pelaksana penananaman Mangrove di Nusa Tenggara Barat mengatakan, pihakanya melakukan penanaman pada 7 titik yang telah ditentukan.

“di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sendiri kita melakukan penanaman di 7 kabupaten,” jelasnya.

Sebanyak 7 titik tersebut berada di Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Dompu dan Bima Kabupaten.

Total pohon mangrove yang ditanam untuk wilayah NTB seluruhnya berjumlah 20.200 pohon, dengan rincian, 5200 pohon di Kabupaten Lombok Barat dan 6 kabuten lainnya masing-masing sebanyak 2500 pohon.

Baca Juga  Babinsa Koramil 1606-09/Ampenan Berikan Pembekalan Cinta Tanah Air dan Peduli Lingkungan kepada Anak TK Al-Hamidi

Danrem 162/WB berharap dengan penanaman Mangrove tersebut NTB bisa terbebas dari Abrasi dan iklim menjadi baik untuk dinikmati oleh masyarakat.

“semoga dengan penanaman Mangrove ini, NTB terbebas dari Abrasi dan iklim Nusa Tenggara Barat jadi baik untuk dinikmati oleh masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *