Berita

Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Amankan Arus Barang dan Penumpang melalui Pemeriksaan Bongkaran Kapal

41
×

Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Amankan Arus Barang dan Penumpang melalui Pemeriksaan Bongkaran Kapal

Sebarkan artikel ini
Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Mengecek Bongkaran Kapal untuk Antisipasi Barang Ilegal

Lombok Barat, NTB – Personil Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar melaksanakan kegiatan pemeriksaan bongkaran kapal di Pelabuhan PT ASDP Lembar, Kamis (25/5/2023).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K., mengatakan kegiatan pemeriksaan bongkaran kapal di Pelabuhan PT ASDP Lembar, berjalan kondusif.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus barang serta penumpang yang masuk ke Provinsi NTB,” ungkapnya.

Sehingga personil Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar berada di area pelabuhan PT ASDP Lembar. Mereka melakukan pemeriksaan terhadap bongkaran KMP. SHITA GIRI NUSA yang sandar di Dermaga II. Pemeriksaan tersebut mencakup kendaraan dan penumpang yang turun dari kapal.

Dalam pemeriksaan, personil Polsek melakukan verifikasi terhadap surat-surat kendaraan, seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Baca Juga  Patroli Terjadwal Polsek Gerung, Sisir Jan Bypass BIL Hingga Perbatasan

“Selain itu, mereka juga melakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan. Untuk mencegah masuknya barang ilegal, senjata tajam, bahan peledak, narkoba, dan barang berbahaya lainnya,” pungkasnya.

Hasil pelaksanaan pemeriksaan menunjukkan bahwa semua kendaraan kategori R2, R4, dan R6 dilengkapi dengan surat kendaraan yang lengkap, yakni SIM dan STNK.

Selain itu, hasil pemeriksaan terhadap barang bawaan menunjukkan bahwa tidak menemukan barang ilegal, senjata tajam, bahan peledak, narkoba, atau barang berbahaya lainnya.

Selain di Dermaga II PT ASDP Lembar, personil Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar juga melakukan pemeriksaan bongkaran KM. EGON. Yang berlabuh di Dermaga Nusantara Pelabuhan PT. Pelindo Lembar. “Proses pemeriksaannya serupa dengan yang dilakukan di Dermaga II,” imbuhnya.

Baca Juga  Mengemban Amanah dari Hamba Allah yang Dermawan, Rachmat Hidayat Bakal Salurkan Banyak Bantuan untuk Tempat Ibadah

Dari hasil pemeriksaan di kedua dermaga tersebut, semua kendaraan kategori R2, R4, dan R6 juga dilengkapi dengan surat kendaraan yang lengkap.

Selanjutnya, hasil pemeriksaan barang bawaan menunjukkan bahwa tidak ada temuan barang ilegal, senjata tajam, bahan peledak, narkoba, atau barang berbahaya lainnya.

“Melalui kegiatan pemeriksaan bongkaran kapal di pelabuhan-pelabuhan tersebut, sebagai langkah pencegahan Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar. Harapannya dapat mencegah masuknya barang-barang ilegal atau berbahaya ke Provinsi NTB,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *