Uncategorized

Polsek Lembar Sukses Jaga Keamanan dan Kelancaran Giat Nyongkolan di Desa Mareje

×

Polsek Lembar Sukses Jaga Keamanan dan Kelancaran Giat Nyongkolan di Desa Mareje

Sebarkan artikel ini
Kepolisian Lembar Berikan Pelayanan Terbaik dalam Mengamankan Tradisi Nyongkolan di Desa Mareje

Lombok Barat, NTB – Polsek Lembar berhasil menjaga keamanan dan kondusifitas selama pelaksanaan giat Nyongkolan di Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (1/6/2023).

Kapolsek Lembar Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom mengatakan, kegiatan pengamanan ini dalam upaya memastikan kelancaran acara tradisional tersebut.

“Sehingga jajaran Polsek Lembar bersama Pospol Mareje turun langsung untuk melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas,” ungkapnya.

Kegiatan Nyongkolan merupakan salah satu tradisi adat Masyarakat Lombok Pada umumnya, kali ini pelaksanaannya dari warga Desa Jakem, Kecamatan Lembar. Acara ini melibatkan warga dari berbagai dusun, termasuk Dusun Pelan di Desa Mareje, sebagai tujuan akhir dari perjalanan Nyongkolan pada hari ini.

“Rombongan Nyongkolan tiba di Dusun Pelan, Desa Mareje, sehingga melakukan upaya mengatur arus lalu lintas agar tetap lancar. Hal ini penting mengingat jumlah peserta dan pengunjung yang ikut serta dalam acara tersebut,” jelasnya.

Iptu I Ketut Suriarta, Kapolsek Lembar, menjelaskan bahwa tujuan utama dari pengamanan ini adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Selain itu, kami juga memberikan himbauan kepada peserta agar tetap menjaga situasi kamtibmas. Dengan tidak melibatkan hal-hal yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan,” ujarnya.

Dalam pantauan selama pelaksanaan kegiatan Nyongkolan di Desa Mareje, tidak ditemukan adanya gangguan keamanan atau insiden yang merugikan. Hal ini menunjukkan kerjasama yang baik antara masyarakat, pihak kepolisian, dan aparat desa dalam menjaga keamanan selama acara berlangsung.

“Dengan terlaksananya giat Nyongkolan secara aman dan kondusif, harapannya tradisi ini dapat terus lestari. Menjadi bagian penting dalam melestarikan budaya lokal di Kabupaten Lombok Barat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *