Berita

Pengamanan Nyongkolan Sukses di Sekotong, Harmoni TNI-Polri dalam Melestarikan Tradisi Adat yang Aman di Lombok Barat

×

Pengamanan Nyongkolan Sukses di Sekotong, Harmoni TNI-Polri dalam Melestarikan Tradisi Adat yang Aman di Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Adat Nyongkolan di Sekotong Berlangsung Lancar

Lombok Barat, NTB – Anggota Polsek Sekotong, melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat yang melaksanakan tradisi adat Nyongkolan di wilayahnya, Kamis (8/6/2023).

Kali ini berlangsung di Jalan Raya Sepi, Dusun Pengantap, Desa Persiapan Pengantap, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan, Kepolisian bekerja sama dengan Koramil 1606-06 Sekotong.

“Polsek Sekotong berkolaborasi bersama Koramil 1606-06 Sekotong untuk memastikan kelancaran acara adat tersebut,” ungkapnya.

Satu titik rute Nyongkolan memulainya dari Dusun Eyat Bau, Desa Buwun Mas. Sebagai titik pemulai bagi mempelai laki-laki, menuju Dusun Pengantap, Desa Persiapan Pengantap. Sebagai titik akhir bagi mempelai perempuan. Rute ini melalui jalan raya dusun dengan titik start di Jalan Raya Sepi, Dusun Pengantap, dan finish di rumah mempelai perempuan.

Baca Juga  Gendang Beleq Meriahkan Tradisi Nyongkolan di Lombok Barat, Polsek Labuapi Kawal Keamanan

Sebanyak 130 orang diperkirakan mengikuti tradisi adat Nyongkolan, sambil mendapat iringan satu grup musik kecimol.

“Pengamanan melibatkan anggota Polsek Sekotong dan anggota Koramil 1606-06 Sekotong. Bertugas mengawal dan menjaga keamanan selama perjalanan Nyongkolan berlangsung,” imbuhnya.

Kegiatan pengamanan ini bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah kecamatan Sekotong.

Selain itu, pengamanan juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna jalan raya dan peserta yang melaksanakan tradisi adat Nyongkolan.

“Selama kegiatan berlangsung, tidak menemukan hal-hal yang mencolok atau mengganggu jalannya kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Masyarakat yang mengikuti tradisi Adat Nyongkolan juga memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas sinergitas TNI-Polri ini. Dengan demikian, kegiatan Adat Nyongkolan di Sekotong berjalan dengan lancar dan situasi terpantau dalam keadaan aman dan kondusif.

Baca Juga  Pengurus Daerah Defenitif, TGH Muhamad Subki Sasaki Pimpin DPD Bamusi NTB

“Polsek Sekotong terus berkomitmen untuk melindungi dan menjaga keamanan masyarakat dalam setiap kegiatan adat maupun kegiatan lainnya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *