Berita

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Serentak Gelar Program Bersih Pantai dan Pelepasan Tukik

×

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Serentak Gelar Program Bersih Pantai dan Pelepasan Tukik

Sebarkan artikel ini

Lombokprime.com– PLN Unit Induk Wilayah NTB turut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2023 dengan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan serentak di empat lokasi tersebar di NTB. Melalui program Employee Voulenteering Program (EVP) yang berkolaborasi dengan pemerintah desa, Dinas Lingkungan Hidup setempat, Lanal Mataram dan komunitas pecinta lingkungan, puncak kegiatan EVP dilaksanakan di Pantai Kuranji Dalang, Lombok Barat.

Beberapa jenis kegiatan yang dilaksanakan seperti aksi bersih pantai, penanaman bibit pohon, bersih sungai, rehab balai konservasi dan pelepasan tukik yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan peralatan seperti bak sampah, sapu, dan perlengkapan lain yang menunjang kebersihan ekosistem pantai.

Kepala Bidang PSLB3 Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat, Baiq Puji Qadaryani mengapresiasi aksi kepedulian PLN ini. Ia menyebut terdapat banyak manfaat yang akan dirasakan, khususnya lingkungan yang berpotensi mendatangkan banyak manfaat bagi warga setempat.

”Kami mengapresiasi kegiatan pelestarian lingkungan yang diinisasi oleh PLN ini. Tentunya, kegiatan seperti ini memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan desa wisata Kuranji, Lombok Barat,” sebut Puji.

Hal senada disampaikan oleh Tertua Lanal Mataram, Letda Erik yang turut hadir pada kegiatan tersebut. Erik menilai program PLN yang ramah lingkungan dapat menjaga keseimbangan alam di wilayah NTB.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN atas kepeduliannya terhadap lingkungan. Ini menjadi sinyal positif yang sangat baik dalam menjaga keberlangsungan kehidupan secara berkelanjutan,” jelas Letda Erik.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, menjelaskan bahwa kegiatan EVP ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan jiwa kepedulian komunitas pegawai PLN di NTB agar terlibat secara aktif dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Alhamdulillah, kegiatan Employee Volunteering Program hari ini dapat berjalan dengan baik, serentak dilaksanakan di wilayah Nusa Tenggara Barat,” ucap Djarwo.

Aktifitas EVP di pulau Lombok berupa bersih-bersih pantai, penanaman bibit pohon cemara, pengecatan/renovasi konservasi penyu dan pelepasan tukik ke laut. Di Sumbawa Besar kegiatan dilaksanakan di daerah Samapuin dengan kegiatan penanaman pohon dan penyerahan bantuan peralatan kebersihan.

Sementara di Taliwang, Sumbawa Barat kegiatan bersih pantai dilaksanakan di kawasan pantai Gelampar Desa Labuhan Kertasari. Untuk Kota Bima, aksi bersih-bersih sungai dan penanaman pohon di kawasan Taman Ria Kota Bima dilaksanakan bersama pegawai PLN dengan menggandeng komunitas pecinta alam Kopa Mbojo.

“Tujuan utama dari program ini adalah agar seluruh pegawai PLN mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tentu kita berharap gerakan ini bisa memberikan multiplier effect demi kesejahteraan masyarakat di Bumi Gora,” tutup Djarwo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *