BeritaBinkam

Ikuti Sosialisasi Pemasangan Saptic Tank, Babinsa Sayang-Sayang Berikan Masyarakat Pemahaman

×

Ikuti Sosialisasi Pemasangan Saptic Tank, Babinsa Sayang-Sayang Berikan Masyarakat Pemahaman

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Sayang-Sayang Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-01/Cakranegara, Serka Kaimudin, ikut serta dalam kegiatan sosialisasi pemasangan septic tank bagi masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya penggunaan septic tank yang benar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut, Serka Kaimudin berperan aktif sebagai fasilitator dan penghubung antara Masyarakat dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram. Ia memberikan penjelasan mendalam mengenai manfaat septic tank yang tepat, prosedur pemasangan yang benar, serta pentingnya perawatan rutin untuk mencegah pencemaran lingkungan dan penyakit yang dapat ditularkan melalui air limbah.

“Masyarakat perlu memahami pentingnya penggunaan septic tank yang baik dan benar. Dengan adanya septic tank yang terpasang dengan baik, kita dapat mencegah pencemaran lingkungan serta melindungi kesehatan keluarga dan tetangga kita,” ungkap Serka Kaimudin.

Kegiatan sosialisasi ini juga melibatkan para ahli dari Dinas PUPR, yang memberikan penjelasan teknis mengenai instalasi dan perawatan septic tank. Para peserta sosialisasi diberikan pengetahuan praktis mengenai pemilihan lokasi yang tepat untuk pemasangan septic tank, bahan-bahan yang digunakan, serta tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk memastikan kinerja septic tank yang optimal.

Selain itu, Babinsa juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dalam hal ini, Babinsa berperan sebagai penghubung antara masyarakat dan pihak berwenang dalam mengatasi masalah sanitasi dan lingkungan di wilayah binaan.

Ahmad Sukarti Kepala Lingkungan Sayang-sayang mengungkapkan, “Masyarakat telah menyadari betapa pentingnya peran septic tank dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Ia berharap agar kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkala untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat,” ucapnya.

Dengan adanya partisipasi aktif dari Babinsa seperti Serka Kaimudin, diharapkan masyarakat akan semakin teredukasi dan terdorong untuk mengadopsi praktik sanitasi yang baik, termasuk penggunaan septic tank yang benar. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman bagi semua pihak.

Sebagai Babinsa, Serka Kaimudin berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya sosialisasi dan pendidikan masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *