BinkamDaerah

Babinsa Jempong Pantau Kesehatan Hewan Ternak Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H

41
×

Babinsa Jempong Pantau Kesehatan Hewan Ternak Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Dalam menjaga kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koamndo Rayon Militer (Koramil) 1606-09/Ampenan melaksanakan pemantauan kesehatan hewan ternak di salah satu lapak penjualan hewan kurban, Jl. Jempong Baru, Kelurahan Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Selasa (27/6/2023).

Babinsa Jempong, Sertu Samsuri, melakukan pemantauan dengan tujuan memastikan bahwa hewan ternak yang dijual untuk dikurbankan dalam keadaan sehat dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban, sesuai dengan ketentuan agama dan peraturan yang berlaku.

Sertu Samsuri melakukan pemantauan terhadap berbagai jenis hewan ternak, seperti sapi, kambing, dan domba, yang jual oleh masyarakat sepanjang jalan Jempong Baru.

Baca Juga  Tanam 2000 Pohon Mangrove, TNI-POLRI Wilayah Kodim 1606 Mataram Kuatkan Sinergitas

Dalam pemantauannya, Sertu Samsuri memeriksa tanda-tanda penyakit umum pada hewan ternak seperti demam, diare, batuk, dan kelainan kulit. Dia juga memastikan kebersihan kandang atau tempat tinggal hewan serta memeriksa berat badan dan kondisi tubuh secara keseluruhan. Selain itu, Sertu Samsuri juga memperhatikan kelengkapan organ tubuh seperti mata, telinga, hidung, dan gigi pada hewan ternak yang diamati.

Hasil pemantauan yang dilakukan oleh Babinsa menunjukkan bahwa semua hewan ternak yang diamati dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit atau kelainan yang mencurigakan. Kandang atau tempat tinggal hewan juga dalam keadaan bersih dan terawat dengan baik.

Sertu Samsuri memberikan beberapa rekomendasi kepada pemilik hewan ternakmenjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan, antara lain, “berikan pakan yang sehat dan bergizi secara teratur, memberikan akses yang cukup kepada air bersih, serta memperhatikan kebersihan kandang atau tempat tinggal hewan,” ucapnya.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Beri Penghargaan kepada 6 Personel Berprestasi

Pemantauan kesehatan hewan ternak oleh Babinsa merupakan bagian dari upaya pemerintah dan instansi terkait untuk memastikan bahwa hewan yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1444 H memenuhi persyaratan kesehatan dan kebersihan yang ditentukan.

Dengan adanya pemantauan ini, ia berharap, “pelaksanaan kurban dapat dilakukan dengan aman, lancar, dan sesuai dengan ajaran agama,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sertu Samsuri mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan hewan ternak sehari-hari, bukan hanya menjelang Hari Raya Idul Adha, agar kesejahteraan hewan tetap terjaga dan masyarakat dapat memperoleh manfaat maksimal dari ternak yang mereka pelihara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *