Binkam

Ciptakan Lingkungan Pemakaman Yang Bersih, Babinsa Monjok Barat Bersama Warga Bergotong Royong

32
×

Ciptakan Lingkungan Pemakaman Yang Bersih, Babinsa Monjok Barat Bersama Warga Bergotong Royong

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-05/Mataram, Serda Marzuki Ardian, bersama dengan warga setempat, bergotong-royong membersihkan area pemakaman umum Tuan Guru H. Muhammad Asiddiqi yang terletak di Lingkungan Karang Kelok, Kelurahan Monjok Barat, Kota Mataram. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga kebersihan dan kerapihan tempat peristirahatan terakhir bagi warga yang telah meninggal dunia, Minggu (23/7/2023).

Pemakaman umum Tuan Guru H. Muhammad Asiddiqi merupakan salah satu tempat suci bagi warga di daerah tersebut. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, area pemakaman ini mengalami akumulasi sampah dan dedaunan yang belum tertangani dengan baik. Hal ini menimbulkan keprihatinan bagi sejumlah warga yang merasa perlu menjaga kebersihan lingkungan tersebut.

Baca Juga  Situasi Kamtibmas Pelabuhan Lembar Aman dan Lancar, Dermaga Nusantara 1 Bongkar Beras Vietnam

Menanggapi hal tersebut, Babinsa Monjok Barat Serda Marzuki Ardian mengambil inisiatif untuk melibatkan warga dalam kegiatan bersih-bersih. Dengan semangat gotong-royong, Serda Marzuki Ardian dan sejumlah warga sekitar berhimpun di area pemakaman pada pagi hari.

“Kegiatan gotong-royong ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pemakaman yang bersih, indah, dan nyaman bagi keluarga yang datang untuk mendoakan orang-orang tercinta yang telah meninggal. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar,” ujar Serda Marzuki Ardian.

Dalam kegiatan bersih-bersih ini, warga dan Babinsa bekerja sama membersihkan sampah-sampah yang berserakan, merapikan taman-taman kecil di sekitar pemakaman, dan membersihkan batu nisan dari kotoran dan lumut yang menempel. Selain itu, mereka juga menanam beberapa pohon di sudut-sudut pemakaman untuk memberikan suasana yang lebih teduh dan nyaman.

Baca Juga  Personel Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Para Pengguna Jasa di Pelabuhan Lembar

Salah seorang warga yang turut berpartisipasi, Ibu Siti, mengungkapkan kegembiraannya atas kegiatan ini, “Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa dan seluruh warga yang telah hadir hari ini. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar.” Terangnya.

Kegiatan bersih-bersih area pemakaman ini juga mendapatkan apresiasi dari Lurah Monjok Barat, Mulya Hidayat, S.STP., yang hadir menyaksikan langsung kegiatan tersebut. “Saya bangga melihat semangat gotong-royong warga bersama Babinsa dalam menjaga lingkungan pemakaman ini. Semoga kolaborasi positif ini dapat menjadi contoh bagi lingkungan lainnya,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *