Berita

Cegah dan Atasi Bullying di Sekolah, Polsek Batulayar Gandeng SDN 1 Sandik Sosialisasikan IKS

24
×

Cegah dan Atasi Bullying di Sekolah, Polsek Batulayar Gandeng SDN 1 Sandik Sosialisasikan IKS

Sebarkan artikel ini
Berantas Bullying, Polsek Batulayar dan SDN 1 Sandik Gelar Sosialisasi Iklim Keamanan Sekolah

Batulayar, Lombok Barat – Polsek Batukayar bersama SDN 1 Sandik Desa Sandik Kecamatan Batulayar menggelar Sosialisasi Iklim Keamanan Sekolah (IKS), Jumat (28/7/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan mengatasi tindakan perundungan (bullying) di lingkungan sekolah.

Kapolsek Batulayar Kompol Ricky Yuhanda, S.I.K., S.E., mengatakan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi para peserta didik.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran tentang bahaya bullying dan upaya pencegahannya melalui sosialisasi ini. Bullying bisa berbentuk fisik, verbal, maupun psikologis. Bullying bisa menyebabkan trauma, stres, depresi, hingga bunuh diri bagi korban,” ujar Kapolsek.

Polisi Bagikan Tips dan Cara Mencegah dan Menghentikan Bullying

Ia juga memberikan tips kepada para peserta didik dan guru untuk menghentikan dan mencegah bullying. “Jika menjadi korban atau saksi bullying, jangan diam. Laporkan kepada guru, orang tua, atau petugas keamanan,” ungkapnya.

Baca Juga  Jumat Curhat: Kapolres Lombok Barat Turun Tangan, Solusi Keluhan Warga Dicari

Demikian juga bila melihat teman menjadi korban atau pelaku bullying, berikan dukungan atau teguran. “Jika kamu merasa ingin melakukan bullying, cari bantuan untuk mengatasi masalah,” pesannya.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, S.H., S.I.K., M.A.P, mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut. Ia menilai bahwa sosialisasi IKS merupakan salah satu upaya Polri dalam memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

“Kami berharap dengan sosialisasi ini, para siswa dapat menjadi agen perubahan yang positif di lingkungan sekolah maupun masyarakat,” ungkapnya.

Kapolres Lombok Barat juga mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat untuk cerdas merespons isu-isu negatif yang beredar di media sosial.

Kepala Sekolah SDN 1 Sandik, Linawati Wijaya, S.Pd, M.Pd, menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut. Ia menegaskan komitmennya dalam memberikan perlindungan dan dukungan kepada para siswa.

Baca Juga  Patroli Siang Satgas Kamseltibcar Lantas Polres Lombok Barat di Bypass BIL 1 dan 2, Aman dan Tertib

“Kami ingin menciptakan lingkungan belajar yang positif dan bebas dari kekerasan. Kami juga ingin melibatkan seluruh elemen di sekolah dalam menciptakan iklim yang aman dan inklusif. Terima kasih kepada Polsek Batulayar yang telah membantu kami dalam sosialisasi ini,” katanya.

Sosialisasi Iklim Keamanan Sekolah (IKS) di SDN 1 Sandik berlangsung dengan sukses. Acara berjalan dengan aman, lancar, dan interaktif. Para peserta didik dan guru tampak antusias dan aktif bertanya serta berdiskusi dengan petugas yang bertugas.

Semua pihak berharap bahwa sosialisasi ini akan membawa dampak positif bagi terciptanya lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan terbebas dari tindakan perundungan.

Dengan semangat dan kesadaran bersama, diharapkan SDN 1 Sandik dan sekolah-sekolah lainnya dapat terus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kenyamanan bagi seluruh warga sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *