BinkamEkonomi

Kunjungi Pemuda Tani, Babinsa Kuripan Timur Ajak Mahasiswa KKN Belajar Metode Bertani Hidroponik

38
×

Kunjungi Pemuda Tani, Babinsa Kuripan Timur Ajak Mahasiswa KKN Belajar Metode Bertani Hidroponik

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kuripan Timur Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04 Gerung, bersama sejumlah mahasiswa KKN dari UIN Mataram melakukan kunjungan ke Pemuda Tani yang mengelola lahan pertanian dengan metode hidroponik dalam menanam sayur-sayuran di Halaman Kantor Desa Kuripan Timur, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat, Selasa (1/8/2023).

Dalam kunjungannya tersebut, Serda Suparman dan mahasiswa KKN berinteraksi dengan anggota Ketua Pemuda Tani dan bertukar informasi tentang metode hidroponik, yang merupakan cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah. “Metode ini menjadi alternatif yang efisien dan ramah lingkungan dalam menghasilkan hasil panen yang berkualitas,” jelasnya.

Serda Suparman menambahkan, “metode ini banyak di kembangkan di lahan sempit seperti pekarangan rumah. Kami berharap melalui adik-adik KKN ini masyarakat dapat memahami dan mengaplikasikannya di rumah-rumah yang memiliki lahan pekarangan kosong,” tambahnya.

Baca Juga  Sepeda Santai dan Sepeda Hias, Cara Asyik Rayakan HUT RI ke-78 di Perumda Lombok Barat

Rizal, Ketua Pemuda Tani menceritakan pengalaman mereka dalam menerapkan hidroponik dan berbagi manfaat yang telah mereka rasakan. “Bertani dengan metode ini mengurangi penggunaan air, lahan, dan pestisida,” ungkapnya.

Selain itu, mereka juga mengajak masyarakat sekitar untuk dapat mengikuti jejak mereka dan menerapkan teknologi pertanian modern ini. “Jika masyarakat beminat mengaplikasikan metode tersebut,  kami siap untuk membantu dalam proses pembuatan media hingga membimbing masyarakat teknik dalam bertani menggunakan metode hidroponik ini,” pungkasnya.

Serda Suparman sangat mengapresiasi inisiatif dan semangat Pemuda Tani serta dedikasi para mahasiswa KKN yang terlibat dalam kunjungan ini. Dia berharap kerjasama seperti ini akan terus berlanjut untuk memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat, serta meningkatkan pemahaman tentang pertanian modern yang berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *