Binkam

Begini Cara Polisi Lindungi Budaya Lokal dalam Tradisi Adat Nyongkolan di Labuapi

×

Begini Cara Polisi Lindungi Budaya Lokal dalam Tradisi Adat Nyongkolan di Labuapi

Sebarkan artikel ini
Polsek Labuapi Sigap Jaga Tradisi Adat Nyongkolan di Labuapi

Labuapi, Lombok Barat – Tradisi adat nyongkolan, yaitu prosesi pengantin laki-laki menjemput pengantin perempuan dengan iring-iringan musik dan kerabat, berlangsung di Desa Bagik Polak Barat, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, pada Rabu (09/8/2023). Polsek Labuapi mengamankan dan mengatur arus lalu lintas dalam pelaksanaan tradisi ini.

Kapolsek Labuapi, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu M. Baejuli, SH mengatakan bahwa sekitar 200 peserta dari seputaran Dusun Jerneng, Desa Bagik Polak Barat, turut berpartisipasi dalam tradisi ini.

“Mereka menggunakan jalur raya utama dan diiringi oleh alunan musik Kecimol. Tradisi ini memiliki daya tarik sendiri yang mencerminkan kekayaan budaya daerah,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa polisi bertugas dengan sigap untuk menjaga ketertiban dan keselamatan.

Baca Juga  Patroli Polsek Sekotong Jaga Keamanan Dermaga Tawun, Ciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif

“Kami mengatur arus lalu lintas, memberikan himbauan kepada peserta agar tertib dan menjaga jarak, serta mengawasi setiap tahapan tradisi adat nyongkolan,” katanya.

Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan nuansa kebudayaan yang kaya dan mendalam kepada masyarakat setempat.

“Kami menghormati dan mendukung tradisi lokal sambil tetap menjaga ketertiban dan keamanan secara profesional,” ungkapnya.

Kegiatan tradisi adat nyongkolan ini selesai sekitar pukul 18.00 WITA. Setelah itu, polisi kembali ke mako Polsek Labuapi untuk melanjutkan tugas-tugas lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *