BinkamPeristiwa

Kerja Sama Lintas Instansi dalam Prokasih: Mataram Bersihkan Kali Jangkuk untuk Lingkungan yang Lebih Sehat

×

Kerja Sama Lintas Instansi dalam Prokasih: Mataram Bersihkan Kali Jangkuk untuk Lingkungan yang Lebih Sehat

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Sejumlah Anggota Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mataram bersama Anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-09/Ampenan berhasil membersihkan dan mengangkat sampah dari sungai dalam Program Kali Bersih (Prokasih) di wilayah Kelurahan Ampenan Tengah, Kota Mataram, Kamis (7/9/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Kali Jangkuk, Lingkungan Sukaraja Perluasan, Kelurahan Ampenan Tengah ini diikuti oleh sejumlah anggota Koramil 1606-09/Ampenan, yang dipimpin oleh Pelda Tasrif Bintara Pembina Desa (Babinsa) Ampenan Tengah. Prokasih dilaksanakan serentak di 78 titik di seluruh wilayah Indonesia, dan diawali dengan kegiatan video konferensi terpusat oleh Kepala Staf Angakatan Laut (Kasal).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah tokoh dan perwakilan instansi terkait, antara lain Komandan Lanan (Danlanal) Mataram Kolonel Laut Pelaut Waluyo, SH., M.H., Danlanud, Asisten I Kota Mataram Lalu Umar Martawan, Pasiter Kodim 1606/Mataram Kapten Inf Anak Agung Gede Rai Budiana, Camat Ampenan Muzakir Walat, S.STP., Lurah Ampenan Tengah Budiawan, S.Pd., Kaling Sukaraja Perluasan Khairul Bahtiyar, Tokoh Masyarakat Ampenan Tengah, serta Pramuka Saka Bahari.

Baca Juga  Sinergi TNI-Polri Terjalin Erat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Sambangi Tokoh Agama di Desa Babussalam

Dalam laporannya, Pelda Tasrif menjelaskan, “Prokasih ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di sekitar kali. Dengan melibatkan berbagai instansi terkait, termasuk tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, diharapkan dapat tercipta kerja sama yang erat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan,” jelasnya.

Selama kegiatan, peserta Prokasih aktif membersihkan area sekitar kali dan melakukan berbagai upaya pembersihan sampah dan limbah plastik. Program ini juga menjadi wadah untuk memupuk semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem perairan.

Sebagai Babinsa Ampenan Tengah, Ia menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif semua pihak dalam kegiatan Prokasih ini. “Dengan bersatu tangan, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” ujarnya.

Baca Juga  Lomba Mewarnai HUT RI ke-78 di Batulayar Berjalan Lancar dan Aman, Polsek Batulayar Beri Apresiasi

Semua pihak yang hadir berharap bahwa kegiatan Prokasih ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Dengan kerja sama yang terjalin kuat antara berbagai pihak, diharapkan Kota Mataram dan Indonesia secara keseluruhan dapat lebih baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *