Uncategorized

Polres Lombok Barat Sosialisasi Pemilu 2024 ke Dua Komunitas

×

Polres Lombok Barat Sosialisasi Pemilu 2024 ke Dua Komunitas

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Sosialisasi Pemilu 2024 ke Komunitas Pedagang Ayam dan Pembeli Emas

Gerung, Lombok Barat – Satgas Preemtif Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar sosialisasi Pemilu 2024 kepada dua komunitas masyarakat, yaitu komunitas pedagang ayam di Pasar Gerung dan komunitas ibu-ibu pembeli emas di Komplek Pertokoan Emas Gerung. Sosialisasi yang digelar pada Selasa, 7 November 2023 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tahapan Pemilu 2024 dan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Dalam sosialisasi tersebut, personel Satbinmas Polres Lombok Barat menyampaikan materi tentang tahapan Pemilu 2024, mulai dari pendaftaran pemilih, pendaftaran calon, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan suara. Mereka juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, seperti tidak terprovokasi oleh isu-isu hoax atau ujaran kebencian, tidak terlibat dalam politik uang atau money politik, serta tidak melakukan tindakan anarkis atau melanggar hukum.

“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat memahami tahapan Pemilu 2024, sehingga mereka dapat berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,” kata Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos.

Khusus kepada komunitas pedagang ayam, AKP Daniel Ibi Lona juga menyampaikan pesan untuk tidak fanatisme berlebihan terhadap salah satu pasangan calon (paslon). Fanatisme berlebihan yang tidak terkendali, kata dia, dapat berdampak terjadinya disharmonisasi hubungan sosial antar warga ataupun keluarga.

“Kami juga mengajak para pedagang ayam untuk tidak mudah percaya terhadap isu-isu yang belum jelas kebenarannya, seperti isu hoaks atau ujaran kebencian,” imbuhnya.

Sementara itu, kepada komunitas ibu-ibu pembeli emas, AKP Daniel Ibi Lona menyampaikan pesan untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang Pemilu 2024.

“Mari kita bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif, sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis,” pungkasnya.

Sosialisasi Pemilu 2024 yang digelar Satgas Preemtif Polres Lombok Barat mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Para peserta sosialisasi mengaku mendapatkan informasi yang penting dan bermanfaat tentang Pemilu 2024.

“Alhamdulillah, saya jadi lebih paham tentang tahapan Pemilu 2024. Saya juga jadi tahu pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu,” kata salah seorang peserta sosialisasi dari komunitas pedagang ayam.

Senada dengan itu, salah seorang peserta sosialisasi dari komunitas ibu-ibu pembeli emas juga mengaku senang mengikuti sosialisasi tersebut.

“Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami jadi tahu bagaimana cara menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu,” ucapnya.

Sosialisasi Pemilu 2024 yang digelar Satgas Preemtif Polres Lombok Barat merupakan upaya Polri untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 yang demokratis, jujur, adil, dan aman. Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dalam Pemilu 2024, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *