Berita

Polres Lombok Barat Siap Tindak Segala Bentuk Gangguan Kamtibmas di Pemilu 2024

2
×

Polres Lombok Barat Siap Tindak Segala Bentuk Gangguan Kamtibmas di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Perkuat Satgas Gakkum Amankan Pemilu 2024
Ilustrasi. Image by Freepik

Lombok Barat, NTB – Kepolisian Resor (Polres) Lombok Barat, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), terus berkomitmen untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kegiatan Satgas Gakkum, Sabtu (18/11/2023). Satgas Gakkum Polres Lombok Barat melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain:

  • Subsatgas Siber

Subsatgas Siber Satgas Gakkum Polres Lombok Barat melakukan patroli siber, mengumpulkan data dan informasi, serta bersinergi dengan stakeholders untuk mencegah dan menindak kejahatan siber yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024.

Kegiatan patroli siber dilakukan untuk memantau isu-isu terkait Pemilu di media sosial dan media online. Data dan informasi yang dikumpulkan kemudian diolah untuk mencegah dan menindak kejahatan siber, seperti peretasan, intersepsi ilegal, pengubahan tampilan situs web, dan manipulasi data.

Baca Juga  Kampanye Dialogis Caleg DPRD Dapil II Lombok Barat di Desa Kuranji Dalang Berjalan Aman dan Lancar

Subsatgas Siber juga bersinergi dengan stakeholders, seperti BINDA, Dinas Kominfo, dan Apji, untuk meningkatkan efektivitas pencegahan dan penindakan kejahatan siber.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2024.

  • Subsatgas Pidum

Subsatgas Pidum Satgas Gakkum Polres Lombok Barat melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu 2024, termasuk tindak pidana yang terjadi sebagai akibat penyelenggaraan Pemilu.

Kegiatan penyelidikan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi terkait tindak pidana yang terjadi. Data dan informasi ini kemudian digunakan untuk melakukan penyidikan dan menindak pelaku tindak pidana.

Subsatgas Pidum juga berwenang untuk melakukan pemanggilan, penggeledahan, pemeriksaan, penyitaan barang bukti, penahanan, dan tindakan kepolisian lainnya yang dipandang perlu untuk kelancaran proses penyidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, lancar, dan damai,” kata AKP I Made Dharma Yulia Putra.

Baca Juga  Personel Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu 2024

Polres Lombok Barat mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang dan saat pelaksanaan Pemilu 2024. Masyarakat diminta untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *