Berita

Satgas Gakkum Polres Lombok Barat Siaga Cegah Hoax dan Penyerang Siber Jelang Pemilu 2024

×

Satgas Gakkum Polres Lombok Barat Siaga Cegah Hoax dan Penyerang Siber Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Satgas Gakkum Polres Lombok Barat Gencar Patroli Siber
Ilustrasi: Image by Freepik

Lombok Barat, NTB – Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) Polres Lombok BaratPolda NTB, gencar melakukan patroli siber dan penyelidikan. Terhadap tindak pidana menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, dalam rangka Operasi mantap Brata Rinjani 2023-2024.

Kasat Reskrim Polres Lombok Barat, AKP M. Rayendra Rizqilla Abadi Putra, S.T.K., SIK, mengkonfirmasinya, Sabtu (20/01/2024).

“Kami melakukan patroli siber di media sosial dan media online untuk melihat isu yang berkembang terkait Pemilu 2024 di dalam tahapan kampanye,” kata Rayendra.

Selain itu, Satgas Gakkum juga mengumpulkan data informasi serta mengolahnya untuk mencegah dan penegakan hukum Cyber Crime pelaksanaan dalam tahapan kampanye Pemilu 2024.

Baca Juga  Cegah Tindak Pidana 3C, Polsek Labuapi Beri Himbauan kepada Security Perumahan

“Kami juga melakukan profiling terhadap pelaku/potensi pelaku peretas sistem IT dan kejahatan Cyber terkait pelaksanaan dalam masa kampanye Pemilu 2024,” imbuhnya.

Satgas Gakkum Polres Lombok Barat melaksanakan berbagai kegiatan, dalam rangka pengamanan Tahapan Pemilu 2024.

Subsubsatgas Siber

Melakukan patroli siber di media sosial dan dimedia online guna melihat isu yang berkembang terkait pemilu 2024 di dalam tahapan kampanye. Juga mengumpulkan data informasi serta mengolah guna mencegah dan penegakan hukum Cyber Crime dalam tahapan kampanye pemilu 2024

Profiling terhadap pelaku/potensi pelaku peretas sistem IT dan kejahatan Cyber terkait pelaksanaan dalam masa kampanye pemilu 2024.

Melakukan analisa terhadap data / cript/sistem IT terkait pengamanan dan pelaksanaan pemilu. Guna menciptakan harkambtibmas yang kondusif dalam rangka tahap kampanye Capres dan Cawapres RI di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

Baca Juga  Hari Pertama MXGP Lancar, Kapolresta Mataram Pastikan Personil Pengamanan Berjalan Dengan Baik

Monitoring kejahatan ( Computer Related Crime) yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu 2023-2024 dalam tahap kampanye Capres/Cawapres RI.

Penindakan kejahatan siber ( Computer Crime) seperti: peretasan sistem elektronik ( Hacking), intersepsi illegal. Kemudian pengubahan tampilan situs web, gangguan sistem ( system interference), manipulasi data terkait pengamanan dan pelaksaan Pemilu 2024.

Dalam pelaksanaan tugas bersinergi dengan Stakeholder lain BINDA, Dinas Kominfo, Apji dan lain -lain.

Subsubsatgas Pidum

Melakukan penyelidikan terhadap terjadinya tindak pidana di luar tindak pidana Pemilu yaitu tindak pidana yang terjadi. Sebagai akibat penyelenggaraan Pemilu (tindak pidana yang terjadi saat Pemilu dan tidak ada hubungannya dengan Pemilu), dalam masa kampanye pilpres 2023-2024.

Baca Juga  Polsek Gerung Lakukan Patroli Dialogis di Desa Tempos Menjelang Pilkades

Rayendra menegaskan bahwa Satgas Gakkum Polres Lombok Barat akan terus melakukan patroli siber dan penyelidikan terhadap tindak pidana yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal ini untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) yang kondusif dalam rangka tahapan kampanye Capres dan Cawapres RI.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan keberlangsungan Pemilu 2024,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *