BeritaDaerahKabar DesaNasionalNTBPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Poktan Dukung Kesejahteraan Petani di Dusun Timur Raya

×

Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Poktan Dukung Kesejahteraan Petani di Dusun Timur Raya

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan keberlanjutan sistem irigasi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jagaraga Indah, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung, bersama Bhabinkamtibmas dan Kelompok Tani (Poktan) Pade Genem monitoring sistem pompanisasi lahan pertanian di Dusun Timur Raya, Desa Jagaraga Indah, Kecamatan Kediri, Lombok Barat, Selasa (4/6/2024).

Babinsa Jagaraga Indah, Serma I Komang Supriadi, selalu aktif mendampingi warganya dan menekankan betapa pentingnya menjaga keberlanjutan sistem irigasi yang ada. “Kami bersama Poktan akan terus memantau dan memastikan sistem pompanisasi ini berfungsi optimal, sehingga para petani dapat memaksimalkan hasil panen mereka,” ujarnya.

Sistem pompanisasi ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah daerah, Babinsa, dan kelompok tani setempat. Dirancang khusus untuk mengatasi masalah kekurangan air yang sering dialami petani di musim kemarau, sistem ini memungkinkan air dialirkan ke sawah-sawah dengan lebih efektif dan efisien. “Dengan adanya sistem pompanisasi, kita berharap produksi pertanian meningkat signifikan,” harap Serma I Komang Supriadi.

Baca Juga  Pelayanan Aman dan Lancar, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Periksa Kendaraan dan Penumpang di Pelabuhan

Jainudin, Ketua Poktan Pade Genem, mengungkapkan pentingnya monitoring ini. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan Babinsa. Monitoring rutin seperti ini membuat kami lebih tenang dan yakin bahwa masalah-masalah yang mungkin timbul dapat segera diatasi,” katanya.

Monitoring ini meliputi pengecekan kondisi pompa, aliran air, serta pemeliharaan rutin yang diperlukan. Selain itu, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anggota Poktan tentang cara perawatan dan penggunaan sistem pompanisasi yang benar. “Edukasi ini penting agar semua anggota Poktan dapat mengoperasikan sistem dengan baik dan menjaga keberlanjutannya,” tambah Serma I Komang Supriadi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan sistem irigasi di lahan pertanian Dusun Timur Raya dapat berjalan lebih lancar dan berkontribusi positif terhadap produktivitas pertanian. “Kami bersama Poktan berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam menjaga dan meningkatkan kesejahteraan petani di wilayah ini,” tutupnya.

Baca Juga  Patroli Polsek Batulayar untuk Mencegah Gangguan Kamtibmas di Wilayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *