Binkam

Edukasi Tertib Berlalulintas, Satgas Operasi Keselamatan Rinjani Polres Lombok Barat Lakukan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah

×

Edukasi Tertib Berlalulintas, Satgas Operasi Keselamatan Rinjani Polres Lombok Barat Lakukan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah

Lombok Barat, NTB – Dalam kegiatan Operasi Keselamatan Rinjani Polres Lombok Barat Tahun 2023, melaksanakan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Senin (20/2/2023).

Kali ini bertempat di di SMAN 1 Gerung, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat, AKP Agus Rachman, S.H., mengatakan secara umum kegiatan ini merupakan para siswa tentang tertib berlalu lintas

“Sehingga melalui Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) ini sekaligus sevagai sosialisasi dan edukasi para siswa tentang tertib berlalu lintas. Sebagaimana di atur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009. Tentang Lalu lintas dan Angkutan jalan, sehingga terciptanya Kamseltibcar Lantas di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat,” ungkapnya.

Baca Juga  Dandim 1606/Mataram Gelar Pemeriksaan di Pos Pam: Memastikan Keamanan Menuju Tahun Baru 2024

Menurutnya, langkah ini sebagai upaya memberikan kesadaran kepada pengendara kendaraan bermotor dalam berlalulintas.

“Karena masih adanya pelangaran-pelanggaran yang terjadi, sehingga kita juga tingkatkan melalui pendekatan cara preemtif dan preventif,” ucapnya.

Menilai langkah ini lebih efektif, dalam mengurangi angka pelanggaran dalam berlalulintas, sehingga dapat mencegah terjadinya fatalitas kecelakaan Lalulintas.

“Seperti kegiatan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) hari ini, kegiatan Dikmas kepada masyarakat terorganisir maupun non terorganisir. Kemudian melalui media, baik itu spanduk, Brosur maupun himbauan secara langsung melalui penerangan keliling (Penling),” jelasnya.

Sehingga pihaknya lebih mengedepankan sosialisasi himbauan dalam mencegah terjadinya terjadinya pelanggaran. Dalam kegiatan Operasi Keselamatan Rinjani Polres Lombok Barat Tahun 2023.

Baca Juga  Babinsa Langko: Bermitra untuk Kesejahteraan, Dua Warga Berhasil Jalani Operasi Katarak

“Dengan begitu, masyarakat bisa membudayakan tertib berlalu lintas sebagai kebiasaan sehari-hari, yang tentunya berdampak kepada menurunnya angka kecelakaan lalulintas,” pungkasnya.

Walaupun kali ini lebih mengedepankan cara preemtif dan preventif, Kasat Lantas agar kelengkapan kendaraan juga tetap mempersiapkannya dengan matang.

“Baik itu kelengkapan kendaraan maupun Surat-surat kendaraan, karena kelengkapan kendaraan juga salah satu faktor yang mempengaruhi dalam keselamatan berlalulintas,” imbuhnya.

Tentunya budaya tertib berlalulintas juga mengiringinya, dengan memahami memahami tentang pentingnya tertib dan disiplin berlalu lintas ini.

“Dengan begitu, keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcar Lantas) di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat tetap terjaga,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *