Binkam

Tadisi Adat Nyongkolan di Desa Bagik Polak, Polsek Labuapi Lakukan Pengamanan

×

Tadisi Adat Nyongkolan di Desa Bagik Polak, Polsek Labuapi Lakukan Pengamanan

Sebarkan artikel ini
Polsek Labuapi Amankan Tadisi Adat Nyongkolan

Lombok Barat, NTB – Polsek labuapi melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas kegiatan Tadisi Adat Nyongkolan di Desa Bagik Polak.

Kapolsek Labuapi Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Muhammad Baejuli, SH menjelaskan pelaksanaanya. Kali ini mendapat bantuan dari Satgas Operasi Keselamatan Rinjani 2023 Polres Lombok Barat.

Di Bawah pimpinan Kasat Lantas Polres Lobar AKP Agus Rahman, SH melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalulintas. Bertempat di Dusun Karang Bucu, Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Kabupatern Lombok Barat.

“Adapun warga yang melaksanakan Tradisi Adat Nyongkolan yakni Warga Dusun Karang Bucu dengan mengambil start dari Dusun Karang Kebon,” ungkap Kapolsek Labuapi.

Iring-iringan ini menuju ke arah timur melewati Kantor Desa Bagik Polak yang selanjutnya berjalan kaki sekitar 750 Meter. Dengan menggunakan akses Jalan Dusun dengan di iringi alat musik Gendang Beleq.

Baca Juga  Polsek Kediri: Ngabuburit di Bulan Ramadhan Aman dan Nyaman, Ibadah Puasa Lancar

“Dengan estimasi peserta Penyongkol sekira 150 orang, serta finis di Dusun Karang Bucu Desa Bagik Polak Kecamatan Labuapi,” pungkasnya.

Nyongkolan adalah sebuah kegiatan adat yang menyertai rangkaian acara dalam prosesi perkawinan pada suku sasak di LombokNusa Tenggara Barat.

kegiatan ini berupa arak-arakan kedua mempelai dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita. Dengan iringan keluarga dan kerabat mempelai pria. Memakai baju adat, serta rombongan musik yang bisa gamelan atau kelompok penabuh rebana, atau  Gendang beleq.

Tujuan dari prosesi ini adalah untuk memperkenalkan pasangan mempelai tersebut ke masyarakat, terutama pada kalangan kerabat maupun masyarakat.

Hingga saat ini Nyongkolan masih tetap dapat menmuinya di Lombok, iring-iringan yang menarik masyarakat sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan incidental.

Baca Juga  Dukung Perbaikan Infrastruuktur Jalan, Kapolsek Lembar Monitor dan Atur Arus Lalu Lintas di Dua Titik

“Secara umum dalam kegiatan Nyongkolan di Desa Bagik Polak berjalan tertib, aman, lancer dan kondusif,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *