Melalui Rumah BUMN, PLN Dukung Peningkatan UMKM Keripik Oyaku

  • Bagikan

Lombokprime.com– PLN Unit Induk Wilayah NTB menjalankan beragam program untuk memberikan kontribusi besar guna mendukung sektor UMKM. Program yang dijalankan telah memberikan dampak positif dan nyata pada bisnis UMKM serta terbukti mampu menciptakan banyak lapangan kerja.

Salah satu kisah sukses UMKM yang tergabung dalam Rumah BUMN (RB) Lombok Barat ini adalah Lilik Suryani, pemilik usaha dari Brand Keripik Oyaku. Lilik menjelaskan usahanya kini telah berkembang pesat setelah digandeng menjadi mitra binaan PLN UIW NTB.

“Keripik Oyaku menjadi binaan PLN dan mendapatkan bantuan sejak tahun 2018, diberikan mentoring dan banyak pelatihan sampai saat ini. Dengan legalitas lengkap, ide varian produk dan kemasan, target pasar menjadi lebih banyak lagi,” ujar Lilik.

Lilik mengaku, setelah menjadi mitra binaan PLN, dirinya banyak mendapatkan ilmu pengetahuan yang relevan dan bisa langsung diterapkan di bisnisnya. Dengan 3 varian produk, yaitu Keripik Bebela (Best Seller), Keripik Pare, dan Abon Pepaya, ia berhasil meraup omset hingga 30 juta dalam sebulan.

“Dulu di awal merintis usaha ini, kami hanya mampu mendapatkan profit 3 juta dalam sebulan. Namun, dengan menghadirkan ragam inovasi produk yang kami dapatkan dari mentor kami di Rumah BUMN yang dikelola oleh PLN, saat ini kami bisa mengirimkan produk hingga ke Jawa dan Sumatera. Alhamdulillah, omset kami saat ini menembus 30 juta per bulan,” katanya.

Tak lupa, Lilik pun berterima kasih kepada PLN, yang sudah banyak membantu perkembangan usaha, terutama dari pelatihan yang diberikan sehingga sangat berpengaruh terhadap bisnis yang digelutinya.

Sementara itu, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW NTB, Harfry Jack menjelaskan bahwa RB Lombok Barat ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh PLN untuk membantu mitra-mitra UMKM yang berada di lingkup provinsi NTB.

“Salah satu binaan TJSL PLN yaitu Keripik Oyaku, lima tahun menjadi mitra binaan PLN, dan sampai saat ini dengan pelatihan-pelatihan yang kita berikan Keripik Oyaku dapat berkembang dengan baik. Pemasarannya pun makin luas jangkauannya, tidak hanya di Lombok, tapi sudah merambah pasar di Jawa dan Sumatera,” tutur Jack.

Jack pun berharap dengan pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan dari PLN, Brand Keripik Oyaku dapat lebih kuat, lebih besar, dan menjadi UMKM andalan di NTB.

Jack juga menyebut komitmen PLN dalam meningkatkan perekonomian perlu dikolaborasikan dengan dukungan berbagai pihak untuk bersama menumbuhkan ekonomi masyarakat. Baik ketika memberikan bantuan berupa pelatihan, pemberian modal usaha hingga pemasaran produk.

“Pesan saya kepada mitra-mitra binaan PLN, semua program yang diberikan oleh PLN semoga dapat berguna dan dapat dimanfaatkan dengan baik agar usaha yang saat ini dirintis dapat terus dikembangkan hingga bisa menembus pasar global,” tutup Jack.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *