Uncategorized

Lancar dan Tertib, Pelantikan KPPS Desa Labuan Tereng di Lembar Berjalan Sukses

×

Lancar dan Tertib, Pelantikan KPPS Desa Labuan Tereng di Lembar Berjalan Sukses

Sebarkan artikel ini
Pelantikan dan Bimtek KPPS Pemilihan Kepala Desa Labuan Tereng di Lembar Lancar dan Kondusif

Lombok Barat, NTB – Kegiatan pelantikan dan bimbingan teknis (BIMTEK) Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Kepala Desa Labuan Tereng di Lembar berlangsung lancar, Selasa (16/5/2023).

Bertempat di Kantor Desa Labuan Tereng di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, untuk Pemilihan Kepala Desa Labuan Tereng periode tahun 2023-2029.

Acara pelantikan Ketua KPPS mengawalinya dengan pembukaan, kemudian menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan Surat Keputusan. Lalu pelantikan dan pengambilan sumpah serta janji, penandatanganan berita acara, dan sambutan dari beberapa pihak terkait.

Ingatkan Netralitas Panitia

Dalam sambutannya, Kasi PEM Kecamatan Haeruman menekankan pentingnya netralitas panitia dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa ini.

“Kami mengajak semua pihak untuk menjaga kekompakan. Serta mengingatkan bahwa siapapun yang terpilih adalah putra terbaik yang akan menjadi pemimpin,” ungkapnya.

Selanjutnya, Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat, melalui Suhamdi, S.I.P., berpesan agar tidak ada dukungan berlebihan terhadap calon.

“Tentunya ini dapat mengganggu kelancaran pemilihan. Jika terjadi perbedaan pendapat atau masalah di Tempat Pemungutan Suara (TPS), saran saya untuk menyelesaikannya di TPS. Sebelum membawanya ke Desa,” katanya.

Mengingatkan  Ketua KPPS dan anggota agar tidak meninggalkan TPS untuk mencari atau menjemput suara. Melainkan menggunakan pengeras suara untuk memberikan pengumuman kepada warga.

“Jika ada warga yang tidak terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun memenuhi persyaratan usia 17 tahun atau sudah menikah,. Mereka tetap berhak menggunakan KTP setempa, yang telah terbit selama 6 bulan,” imbuhnya.

Polisi Ajak Untuk Jaga Kemanan dan Ketertiban selama Pemilihan

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Lembar, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., juga memberikan himbauan kepada seluruh peserta dan panitia yang hadir.

Beliau menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Labuan Tereng.

“Sebagai aparat kepolisian, kami mengimbau kepada seluruh peserta pemilihan dan panitia yang hadir untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Selama proses pemungutan suara berlangsung. Kami berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan tertib, damai, dan adil,” tegas Kapolsek.

Beliau juga menekankan pentingnya menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilihan. “Kami mengingatkan seluruh anggota KPPS agar tetap netral dan tidak memihak kepada salah satu calon. Kita harus menjunjung tinggi integritas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas ini,” sambungnya.

Selain itu, Kapolsek Lembar juga mengingatkan pentingnya melaporkan segala bentuk pelanggaran atau kecurangan yang terjadi selama proses pemilihan kepada pihak berwenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *