Berita

Terus Dorong Optimalisasi Pemanfaatan FABA, PLN Berikan Bantuan Mesin Cetak Paving Block dan Batako

×

Terus Dorong Optimalisasi Pemanfaatan FABA, PLN Berikan Bantuan Mesin Cetak Paving Block dan Batako

Sebarkan artikel ini

Lombokprime.com– PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Tambora terus berkomitmen untuk mendukung penggunaan energi terbarukan dan pengelolaan limbah secara efisien dengan konsisten dan berkesinambungan. Dalam upaya tersebut, PLN kembali mengambil langkah progresif dengan memberikan bantuan yang dikemas dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat.

Bantuan berupa mesin alat cetak paving block dan batako diserahkan oleh PLN dengan bersinergi dengan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Sukses Mandiri di kawasan Desa Manemeng, Kec. Brang Ene, Kab. Sumbawa Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kab. Sumbawa Barat, Drs. Tajuddin, M.Si. dalam sambutannya mengapresiasi langkah konsisten yang dilakukan oleh PLN dalam memanfaatkan FABA PLTU di wilayah Sumbawa Barat.

“Kegiatan ini sangat positif sekali dalam rangka mendorong ekonomi pedesaan di Sumbawa Barat dengan memanfaatkan FABA sebagai substitusi bahan produksi,” urai Tajuddin.

Baca Juga  Stok BBM di Lombok Barat Aman Jelang Idul Fitri, Antrean dan Penumpukan Pembelian Tak Terjadi

Melalui bantuan mesin produksi ini diharapkan dapat menciptakan kemandirian ekonomi pedesaan khususnya di desa Manemeng sehingga BUMDES dapat bersinergi dengan UMKM sekitar.

Sementara itu, Kepala Desa Manemeng, Jayadi mengapresiasi langkah konsisten yang dilakukan oleh PLN dalam memanfaatkan FABA PLTU di Sumbawa Barat. Menurutnya, mesin cetak yang disediakan oleh PLN akan memungkinkan pengguna FABA PLTU menghasilkan bahan bangunan berkualitas tinggi dengan proses yang jauh lebih efisien dan produktif.

”Kami sangat berterimakasih kepada PLN karena mendapat bantuan yang sangat bermanfaat bagi Desa Manemeng sehingga dapat menjadi kegiatan usaha bagi Bumdes Desa Manemeng,” ungkap Jayadi Kepala Desa Manemeng.

Sementara itu, Manager PLN UPK Tambora, Wayan Budi Laksana menjelaskan bahwa melalui program ini, PLN UPK Tambora dan BUMDES Sukses Mandiri turut bersinergi dalam memberdayakan masyarakat sekitar dalam memproduksi paving block & batako berbahaan dasar FABA khususnya di wilayah Desa Manemeng, Kabupaten Sumbawa Barat.

Baca Juga  Bayi Perempuan Ditemukan Tak Bernyawa di Depan SPBU Lembar

“Hal ini merupakan wujud konsistensi PLN dalam memanfaatkan limbah FABA mensubtitusi bahan baku produk paving block dan batako secara masif di tengah masyarakat khususnya di Pulau Sumbawa,” jelas Wayan Budi.

Sebanyak satu set mesin alat cetak paving block dan batako senilai Rp 111 juta diserahkan secara langsung oleh PLN kepada BUMDES Sukses Mandiri. Bantuan ini diharapkan dapat mendorong pengembangan industri lokal, khususnya di sektor konstruksi. Dengan adanya mesin cetak modern, produsen batako dan paving block dapat meningkatkan kapasitas produksi mereka secara signifikan, menciptakan peluang kerja baru sekaligus mengurangi ketergantungan pada impor bahan bangunan.

Wayan Budi berharap melalui bantuan pelatihan dan pemberian alat paving batako ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat mengolah dan memanfaatkan limbah Non B3 FABA, sehingga menciptakan nilai ekonomis bagi masyarakat, khususnya di wilayah Sumbawa Barat.

Baca Juga  Unram Gelar Kuliah Umum dan Bedah Buku Aldera Pagi Ini, Anggota VI BPK Pius Lusrtilanang Jadi Keynote Speaker

Tak hanya itu, pengguna FABA PLTU yang menerima bantuan mesin cetak ini juga dibekali dengan pelatihan dan pendampingan teknis oleh PLN yang bertujuan untuk memastikan pengoperasian berjalan efektif dan dapat mengoptimalkan potensi pemanfaatan FABA sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran.

“Kami berharap pemberian bantuan mesin cetak paving block dan batako ini akan menjadi Langkah awal yang mampu mendorong industri konstruksi guna lebih aktif dalam memanfaatkan FABA sebagai solusi berkelanjutan dalam pembangunan infrastruktur. Dengan sinergi yang baik antara PLN dan para pengguna FABA PLTU, semoga dapat tercipta lingkungan yang lebih bersih, berkelanjutan dan berwawasan masa depan,” pungkas Wayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *