Berita

Dukung dan Bantu Kegiatan Sekolah, Babinsa Pagesangan Ajarkan Siswa/Siswi SMKN 5 Mataram PBB

×

Dukung dan Bantu Kegiatan Sekolah, Babinsa Pagesangan Ajarkan Siswa/Siswi SMKN 5 Mataram PBB

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Pagesangan Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-05/Mataram, Sertu Muhamad Natsir Rahman, aktif terlibat dalam memperkenalkan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada para siswa baru SMKN 5 Mataram selama kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang berlangsung pada tanggal 15 hingga 17 Juli 2023. Kehadiran Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang disiplin dan kerja sama kepada siswa baru, serta mendorong semangat kebersamaan dalam lingkungan sekolah.

PBB merupakan salah satu aspek penting dalam dunia militer yang telah diadaptasi dan diaplikasikan dalam banyak institusi pendidikan di Indonesia. Penerapan PBB di sekolah bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang kerjasama, kekompakan, serta disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Babinsa menjadi salah satu pihak yang terlibat dalam pendampingan dan pembinaan siswa baru dalam hal ini.

Baca Juga  Peresean Lembar Berlangsung Aman dan Kondusif, Berkat Sinergitas TNI-Polri

Sertu Muhamad Natsir Rahman, yang merupakan Babinsa Kelurahan Pagesangan, memberikan materi PBB kepada ratusan siswa baru SMKN 5 Mataram. Dalam materi tersebut, siswa-siswa diajarkan tentang formasi dasar, langkah-langkah, dan gerakan-gerakan dasar baris berbaris. Mereka juga diajarkan pentingnya mematuhi perintah dan menjaga kerapian saat melaksanakan peraturan ini.

“Melalui peraturan baris berbaris, siswa dapat belajar tentang pentingnya disiplin, kerjasama, dan kekompakan. Semua itu akan menjadi bekal yang penting dalam pembentukan karakter dan sikap yang baik di sekolah maupun di masa depan mereka,” kata Sertu Muhamad Natsir Rahman.

Selain memberikan materi, Sertu Muhamad Natsir Rahman juga memberikan contoh langsung kepada siswa baru dengan mempraktikkan gerakan-gerakan baris berbaris di lapangan. Siswa baru dengan semangat mengikuti petunjuk dan melaksanakan gerakan-gerakan tersebut, menunjukkan antusiasme dan kedisiplinan yang baik.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Hadir Dengarkan Masukan Warga Binaanya

Kegiatan MPLS ini juga melibatkan para guru dan pengawas sekolah. Mereka menyambut baik peran aktif Babinsa dalam memberikan materi PBB kepada siswa baru. Mereka berharap bahwa melalui kegiatan ini, siswa baru dapat memahami dan mengaplikasikan disiplin serta kerja sama dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

Dr. H. Itiqlal, S.Pd., M.M., Kepala SMKN 5 Mataram, mengapresiasi kerjasama antara sekolah dan Babinsa dalam melaksanakan MPLS. Ia berharap melalui kegiatan ini, siswa baru dapat membentuk karakter yang tangguh, memiliki semangat kebersamaan, serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai disiplin dan kerja sama di dalam dan luar lingkungan sekolah.

Diharapkan, pemahaman siswa baru tentang PBB dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk karakter yang baik, mengembangkan kemampuan kepemimpinan, dan meningkatkan semangat kerja sama di SMKN 5 Mataram. Babinsa Kelurahan Pagesangan terus berkomitmen untuk mendukung dan membantu sekolah dalam melaksanakan kegiatan pendidikan yang bermanfaat bagi perkembangan siswa-siswa yang lebih baik.

Baca Juga  Persiapan Safari Ramadan dan Pawai Takbiran di Desa Taman Baru, Lombok Barat Sekotong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *