Berita

Nyongkolan, Tradisi Adat Sasak yang Diamankan oleh Polsek Gerung

×

Nyongkolan, Tradisi Adat Sasak yang Diamankan oleh Polsek Gerung

Sebarkan artikel ini
Polsek Gerung Tertibkan Tradisi Adat Nyongkolan di Tiga Lokasi

Gerung, Lombok Barat – Polsek Gerung melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan tradisi adat nyongkolan di wilayah Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, pada pukul 16.30 Wita hingga selesai. Nyongkolan adalah salah satu tradisi adat yang dilakukan oleh masyarakat Sasak saat mengantar mempelai pria ke rumah mempelai wanita, Gerung, (11/9/2023).

Kapolsek Gerung, Iptu I Kadek Sumerta, SH, mengatakan bahwa pengamanan dan monitoring ini bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif serta mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat kegiatan nyongkolan. Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang mengikuti nyongkolan untuk tetap mematuhi keamanan dan ketertiban,

“Kami melakukan pengamanan dan monitoring ini sebagai bentuk pelayanan kami kepada masyarakat yang melaksanakan tradisi adat nyongkolan. Kami juga mengingatkan mereka untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Kami berharap dengan adanya pengamanan ini, kegiatan nyongkolan dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib,” ujar Iptu I Kadek Sumerta.

Baca Juga  Bobol Sekolah Curi Alat Elektronik, Dua Remaja ini Ditangkap Tim Gabungan Polsek Wawo

Adapun titik lokasi kegiatan tradisi adat nyongkolan di wilayah Polsek Gerung terdapat di tiga titik.

Pertama Nyongkolan seputaran Dusun Bentenu Desa Banyu Urip Kecamatan Gerung menuju rumah mempelai wanita yang beralamatkan di Dusun Bentenu Desa Banyu Urip Kecamatan Gerung. Nyongkolan ini diiringi oleh musik kecimol dan musik tradisional dengan estimasi peserta sekitar 300 orang.

Selanjutnya Nyongkolan seputaran Dusun Gapuk Desa Gapuk menuju rumah mempelai wanita yang beralamatkan di Dusun Gapuk Desa Gapuk Kecamatan Gerung. Nyongkolan ini menggunakan jalan dusun dan diiringi oleh musik kecimol dengan estimasi peserta sekitar 250 orang.

Terakhir Nyongkolan masuk dari Dusun Jero Puri Desa Ganti Kecamatan Peraya Timur Kabupaten Lombok Tengah menuju rumah mempelai wanita yang beralamatkan di Dusun Borobokong Desa Beleke Kecamatan Gerung. Nyongkolan ini menggunakan jalan dusun dan diiringi oleh musik tradisional gendang beleq dengan estimasi peserta sekitar 250 orang.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Bersama Perangkat Desa Bentek Lakukan Giat Penanaman Pohon Sambut Hari Desa Asri Nusantara

Keseluruhan kegiatan berakhir pukul 18.00 Wita berjalan dengan aman dan lancar serta mendapat pengamanan dari SPKT III Aiptu I Md Sudarma bersama anggota dan BKTM serta Bhabinsa Dusun Jero Puri Desa Ganti Kecamatan Peraya Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *