BeritaBinkamDaerahNasionalNTBSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Solidaritas Dalam Menghadapi Bencana : Babinsa dan Masyarakat Bersatu Lawan Si Jago Merah

2
×

Solidaritas Dalam Menghadapi Bencana : Babinsa dan Masyarakat Bersatu Lawan Si Jago Merah

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Sebuah kejadian yang menggugah hati terjadi di Dusun Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, dimana sebuah rumah warga telah dilalap si jago merah, Sabtu sore (6/4/2024).

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Buwun Mas Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-06/Sekotong, Serka I Gusti Made Ariawan, bersama dengan warga setempat, berjuang melawan waktu untuk memadamkan api yang berkobar di rumah sdr Awan Gunawan, usia 26 tahun. Meskipun usaha mereka gigih untuk membantu memadamkan api, rumah yang terbuat dari kayu dan berisi barang-barang yang mudah terbakar itu tidak dapat diselamatkan.

“Kejadian bermula saat istri korban kembali dari menggembala sapi dan menemukan asap tebal mengepul dari rumahnya. Dalam kepanikan, ia berusaha menyelamatkan apa yang bisa ia selamatkan, namun api yang diduga berasal dari konsleting listrik, terlalu cepat menyebar dan melalap rumah dan isinya” tutur Serka I Gusti Made Ariawan, usai kejadian.

Baca Juga  Kapolsek Lembar Gelar Program Jumat Curhat Bersama Pekerja Proyek Jembatan Cemara, Tingkatkan Koordinasi dalam Menjaga Kamtibmas

“Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materiil cukup besar, dengan hilangnya rumah yg berukuran 4×6 meter beserta isinya, menambah beban hidup bagi sdr awan dan kluarganya,” tambahnya.

Serka I Gusti Made Ariawan menyampaikan, “Bersama dengan tetangga korban, kami berusaha memadamkan api dengan alat seadanya dan membantu korban mencari barang-barang yg masih bisa di gunakan,” ucapnya.

Kepala Dusun Sepi, Dedi Irawan, menjelaskan, “Dalam musibah ini, tentunya menyebabkan banyak kerugian, tetapi kita dapat melihat dan merasakan bahwa keberadaan Babinsa sebagai pengayom masyarakat, yang selalu ada pada saat di butuhkan oleh warga dan ketangguhan komunitas yang bersatu padu dalam menghadapi musibah.
Kini, langkah pemulihan sedang diambil dan dukungan terus mengalir untuk keluarga yang terdampak,” jelasnya.

Baca Juga  Komandan Kodim 1606/Mataram Menguatkan Kesiapan Hadapi Tahun Politik 2024

“Semoga musibah ini menjadi pembelajaran akan pentingnya kepedulian, dan kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana.,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *