BeritaBinkamDaerahNasionalNTBPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Sinergi Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam Tanggap Darurat Kebakaran di Lombok Barat

×

Sinergi Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam Tanggap Darurat Kebakaran di Lombok Barat

Sebarkan artikel ini

Tanggap Darurat Kebakaran di Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Sebuah kejadian yang menguji ketangguhan dan kekompakan aparat keamanan desa dalam Tanggap Darurat Kebakaran di RT 03 Dusun Langko Lauk, Desa Langko, Kecamatan Lingsar. Kebakaran hebat yang menghanguskan rumah sekaligus bengkel sepeda motor milik warga, a.n Muhammad Idris, pada Selasa sore, menjadi bukti nyata sinergi yang erat antara Bintara Pembina Desa (Babinsa) Langko, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada dan anggota Bhabinkamtibmas setempat.

“Kronologi kebakaran yang terjadi sekitar pukul 15.15 WITA ini diduga kuat akibat arus pendek listrik yang diperparah dengan adanya oli bekas di lokasi, menyebabkan api cepat membesar,” terang Babinsa Sertu Muhammad Faesal, saat meninjau langsung lokasi rumah yang terbakar, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga  Polres Lombok Barat Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Rinjani 2023

“berkat tindakan cepat masyarakat sekitar, yang langsung melaksanakan pertolongan pertama dengan alat seadanya bersama tokoh setempat, serta koordinasi yang efektif dengan Bhabinkamtibmas Desa Langko, Aiptu Agung Suartam, dengan petugas pemadam kebakaran dapat segera dipanggil ke tempat kejadian,” tambahnya.

“Petugas pemadam kebakaran dari Damkar Pospam Simpang Tiga Narmada dan Damkar Kabupaten Lombok Barat yang tiba di lokasi pada pukul 15.35 WITA, berhasil memadamkan api dalam waktu kurang dari setengah jam,” tutur Bhabinkamtibmas Langko, Aiptu Agung Suartam.

“Berkat kerja sama yang solid, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp. 180 juta, termasuk rusaknya mesin fotokopi, alat bengkel, onderdil baru, dan meteran listrik,” ungkapnya.

Baca Juga  Kampanye Dialogis Caleg DPRD Lobar di Lembar Berjalan Aman dan Kondusif

Peristiwa ini mengingatkan kita akan pentingnya kesigapan dan kerja sama antar lembaga dalam menghadapi situasi darurat. Tindakan heroik Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang berjibaku meminimalisir kerugian lebih lanjut patut diapresiasi. “Kita semua berharap pemulihan dapat segera dilakukan dan korban dapat kembali menjalani kehidupan normal bersama keluaragabya,” ucap salah seorang petugas pemadam kebarakan.

“Kesigapan, keberanian, dan kerja sama menjadi kunci dalam menghadapi cobaan yang tak terduga. Semoga kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua untuk selalu siap siaga dan saling membantu sesama,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *