BeritaBinkamTNI-Polri

TNI-Polri Bersinergi Bersihkan Jalan Cegah DBD di Puskesmas Dasan Tapen

1
×

TNI-Polri Bersinergi Bersihkan Jalan Cegah DBD di Puskesmas Dasan Tapen

Sebarkan artikel ini
TNI-Polri Bersinergi Bersihkan Jalan Cegah DBD di Puskesmas Dasan Tapen

Gerung, Lombok Barat – Dalam rangka Jumat Bersih dan pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD), TNI-Polri bersama Forkopimcam Gerung dan Puskesmas Dasan Tapen menggelar kegiatan gotong royong membersihkan jalan menuju Puskesmas Dasan Tapen pada Jumat (26/4/2024).

Kegiatan yang dimulai pukul 07.20 WITA ini dihadiri oleh Camat Gerung Sapoan, S.H., Danramil Gerung Kapten Inf. Ahmad Baidawi, Kapolsek Gerung AKP I Kadek Sumerta, S.H., KTU Puskesmas Dasan Tapen Jaswadi, S.KM., Kades Dasan Tapen H. Nasrullah Hasbi, BA., anggota Koramil Gerung, anggota Polsek Gerung, staf Desa Dasan Tapen, dan seluruh pegawai Puskesmas Dasan Tapen.

“Kegiatan ini merupakan program Jumat Bersih dari Pemda Lombok Barat yang dilaksanakan di masing-masing BLUD UPT Puskesmas Dasan Tapen dan hari ini dalam rangka pencegahan Demam Berdarah,” ujar Kapolsek Gerung AKP I Kadek Sumerta, S.H.

Baca Juga  Polsek Kuripan Gelar Patroli Malam Intens untuk Kamtibmas

Gotong royong membersihkan jalan ini dimulai dari sebelah timur SDN 1 Beleka hingga depan Puskesmas Dasan Tapen. Sampah-sampah dan rumput liar yang menumpuk di pinggir jalan dibersihkan secara bersama-sama.

Kegiatan yang berlangsung selama 1 jam 10 menit ini berjalan dengan aman dan lancar. Kehadiran TNI-Polri dalam kegiatan ini menunjukkan sinergitas dan soliditas dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah penyakit Demam Berdarah,” tambah AKP Kadek Sumerta.

Pencegahan DBD

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala DBD meliputi demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, ruam kulit, dan mual muntah.

Baca Juga  Kegiatan Adat Nyongkolan di Wilayah Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat

Pencegahan DBD dapat dilakukan dengan 3M Plus, yaitu:

  • Menguras: Menguras tempat penampungan air seperti bak mandi, tempayan, dan drum.
  • Menutup: Menutup rapat tempat penampungan air.
  • Menyimpan: Menyimpan benda-benda yang dapat menampung air hujan seperti ban bekas, botol bekas, dan kaleng bekas.
  • Menyikapi: Mengubur atau mendaur ulang benda-benda yang tidak terpakai.
  • Plus: Menggunakan kelambu saat tidur dan memakai obat nyamuk.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan 3M Plus, kita dapat mencegah penyebaran penyakit DBD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *