Kabar Desa

Sinergi Kepolisian dan Masyarakat, Kapolres Lobar AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi Ajak Warga Aktif Posronda

27
×

Sinergi Kepolisian dan Masyarakat, Kapolres Lobar AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi Ajak Warga Aktif Posronda

Sebarkan artikel ini
AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi Gelar Jumat Curhat di Desa Pusuk Lestari

Lombok Barat, NTB – Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, SH., S.I.K., MAP, bersama jajarannya menggelar Jumat Curhat di Kantor Desa Pusuk Lestari, Jumat (4/8/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mendengarkan masukan, keluhan, dan pertanyaan dari masyarakat setempat. Sebanyak 25 warga dan sejumlah pejabat hadir dalam kegiatan ini.

“Kami ingin menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Kami juga ingin mengetahui kondisi Kamtibmas di desa ini,” ujar Kapolres Lobar saat membuka acara.

Kades Keluhkan Permasalahan Curanmor

Salah satu yang menyampaikan masukan adalah Junaidi, Kades Desa Pusuk Lestari. Ia mengucapkan terima kasih atas kegiatan Jumat Curhat dan menginformasikan situasi geografis dan topologi wilayah desa yang berpengaruh terhadap Kamtibmas. Ia juga menyebutkan permasalahan curanmor sebagai salah satu yang sering terjadi di desa tersebut.

“Kami meminta bantuan dari pihak kepolisian untuk menangani kasus curanmor ini. Kami juga berharap ada peningkatan patroli dan pengawasan di desa kami,” kata Junaidi.

Baca Juga  Lebaran Ketupat: Babinsa Senggigi Ajak Masyarakat Jaga Keindahan Pantai

Kepala Dusun Batu Penyu, Kadus Kedondong Atas, dan anggota Linmas juga mengapresiasi peran Bhabinkamtibmas yang selalu siap membantu mereka dalam menjaga kondusifitas di lingkungan kampung. Namun, mereka mengaku kesulitan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam menjaga Kamtibmas melalui posronda.

“Kami berharap pihak kepolisian dapat memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya posronda. Kami juga berharap ada kerjasama antara Linmas dan pamswakarsa dalam mengamankan desa,” ucap mereka.

Wahyudin, salah satu warga, juga menyoroti kondisi desa yang kurang kondusif. Ia mengusulkan untuk mengaktifkan kembali fungsi Linmas desa dan meminta pihak kepolisian untuk lebih sering melakukan patroli.

“Kami merasa kurang aman di desa kami. Mengharapkan ada tindakan tegas dari pihak kepolisian terhadap pelaku kejahatan. Kami juga berharap tidak ada lagi tindakan main hakim sendiri yang dapat merugikan semua pihak,” tutur Wahyudin.

Baca Juga  Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Kapolsek Lembar Ajak Ibu-ibu PKK dan Perangkat Desa Jembatan Gantung Curhat

Polres Lombok Barat Bakal Dukung Keamanan Swakarsa

Menanggapi masukan dari masyarakat, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, SH., S.I.K., MAP, mengucapkan terima kasih dan apresiasi. Ia berjanji untuk meningkatkan keamanan swakarya dengan melibatkan pamswakarsa dan Linmas atas dukungan dari desa. Ia juga menegaskan komitmen Polres Lobar untuk mencegah tindakan main hakim sendiri.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak desa untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Juga akan meningkatkan patroli dan pengawasan di wilayah Desa. Kami harap masyarakat dapat bekerja sama dengan kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” kata Kapolres Lobar.

Tawarkan Solusi Tingkatkan Pos Ronda

Kasat Binmas Polres Lobar AKP Danhiel Tri Nugroho Ibi Lona, S.Sos, juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam mengamankan lingkungan masing-masing. Ia mengajak masyarakat untuk menjadi polisi bagi diri sendiri dan tetap aktif dalam kegiatan pos ronda.

Baca Juga  Dari Bangunan Hingga Masa Depan: Kisah Inspiratif TMMD ke-119 di Lombok Utara

“Pos ronda adalah salah satu cara untuk mencegah kejahatan di lingkungan kita. Kami harap masyarakat dapat meluangkan waktu untuk bergabung dalam pos ronda. Kami juga harap masyarakat dapat melapor kepada kami jika ada hal-hal yang mencurigakan,” ujar Kasat Binmas.

Kapolsek Batulayar Kompol Ricky Yuhanda, S.I.K., S.E., juga menyampaikan tujuan program Jumat Curhat sebagai bentuk sinergi antara kepolisian dan masyarakat. Ia mengharapkan program ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi Kamtibmas di desa.

“Kami ingin mendengar aspirasi dan keluhan dari masyarakat. Ingin memberikan solusi dan bantuan kepada masyarakat. Kami harap program ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kemitraan antara kepolisian dan masyarakat,” kata Kapolsek.

Kegiatan Jumat Curhat berakhir dengan aman dan lancar. Kapolres Lombok Barat berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah desa Pusuk Lestari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *