BeritaBudayaDaerahInspiratifNasionalNTBPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRISosial BudayaTNI-Polri

Pawai Takbiran Lintas Agama di Mataram: Simbol Solidaritas dan Kekayaan Budaya

3
×

Pawai Takbiran Lintas Agama di Mataram: Simbol Solidaritas dan Kekayaan Budaya

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Dalam semarak perayaan Idul Fitri 1445 H, suasana kebersamaan dan toleransi antar umat beragama di Kota Mataram terasa semakin kental. Tepat di Jl. Pejanggik No.30, di depan Kantor Lurah Cakranegara Barat, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pawai takbiran lintas agama dilaksanakan dengan penuh hikmat.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1606 Mataram Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., bersama Dirbinmas Kombes Pol Dessy Ismail, S.I.K., mewakili Kapolda NTB, Kepala Kepolisian Resort Kota (Kaporesta) diwakili oleh Kapolsek Sandubaya, Kompol Imam Maladi, S.T., S.I.K., dan Walikota Mataram yang diwakili oleh Asisten 1 Kota Mataram H. Lalu Martawang, Camat Cakranegara Irfan Syafrinda, S.TP., secara resmi melepas rombongan pawai yang diikuti oleh perwakilan dari 23 rombongan lintas agama, mencakup Katolik, Hindu, Budha, Protestan, dan Konghucu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berjumlah sekitar ±3000 orang, serta 22 kafilah yang mewakili 9 kelurahan sekecamatan Cakra.

Baca Juga  Polsek Kediri Gelar Patroli di Gudang Logistik KPU Lombok Barat, Antisipasi Gangguan Keamanan

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi simbol solidaritas antar umat beragama, tetapi juga menunjukkan kekayaan budaya dan keharmonisan sosial yang telah lama terjaga di Mataram. Pawai ini menjadi bukti nyata bahwa perbedaan dapat disatukan dalam rangkaian kegiatan yang positif dan membangun,” Ucap Asisten 1 Kota Mataram, saat melepas rombongan kafilah, Selasa (9/4/2024).

Ketua FKUB NTB, TGH. Subki Sasaki, Lc., dalam sambutannya mengungkapkan, “Dengan lantunan takbir, tahlil dan tahmid menggema, pawai ini berlangsung dengan lancar dan aman. Keamanan dan kenyamanan acara terjaga berkat kerjasama yang baik antara TNI, Polri, dan pemerintah kota, yang telah melakukan persiapan matang. Gema Takbir Lintas Agama ini merupakan satu-satunya di indonesia,” tuturnya.

Baca Juga  PLN Siaga Penuh Jaga Keandalan Pasokan Listrik Di NTB Saat Nataru

Dandim 1606/Mataram Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, “Pawai Takbiran 1445 H ini akan tercatat dalam sejarah Kota Mataram sebagai momen yang menginspirasi banyak orang untuk terus menjaga nilai-nilai kebersamaan dan toleransi,” Ujarnya.

Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han, menambahkan, “Mari kita buktikan kepada dunia dan Indonesia bahwa Kota Mataram adalah kota yang penuh toleransi antar umat beragama, jaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan.,” tegasnya.

“Ini adalah tahun kedua kita laksanakan gema takbir di Kecamatan Cakranegara, Semoga kegiatan serupa akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, sebagai wujud nyata dari semangat persatuan dan kesatuan bangsa, dan bentuk keberagaman umat beragama di Kota Mataram,” tutup Camat Cakranegara Mataram, Irfan Syafrinda, S.TP.,.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *