BeritaDaerah

NTB Raih Penghargaan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Terbaik 2023

3
×

NTB Raih Penghargaan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Terbaik 2023

Sebarkan artikel ini
NTB Raih Penghargaan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Terbaik 2023

Mataram, NTB – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB, Julmansyah, S.Hut, MAP, menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diberikan atas kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup di NTB pada tahun 2023.

Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras selama 4 tahun terakhir dalam menangani berbagai isu lingkungan di NTB. Julmansyah menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas penghargaan tersebut, tak lupa ia juga mengapresiasi kolaborasi dengan berbagai pihak di NTB, termasuk pemerintah kabupaten/kota dan para pemangku kepentingan lainnya.

Penghargaan ini diserahkan pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Nasional Pengendalian Pencemaran dan Festival Pengendalian Pencemaran KLHK di Manggala Wanabakti Jakarta, pada tanggal 24 April 2024. Selain piagam penghargaan, NTB juga mendapatkan hadiah berupa satu perangkat komputer untuk spesifikasi Geographical Information System (GIS).

Baca Juga  Masyarakat Desa Senggigi Apresiasi Kinerja Bhabinkamtibmas

Pencapaian membanggakan ini diraih atas dasar Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) 2023. Dari 4 indikator yang dipantau KLHK, yaitu indeks kualitas udara (IKU), indeks kualitas air (IKA), dan indeks kualitas air laut (IKAL), NTB berhasil mencapai target dengan reting Baik secara nasional. Satu-satunya indikator yang belum terpenuhi adalah indeks kualitas tutupan lahan (IKTL).

Terkait IKTL, Julmansyah menjelaskan bahwa kendala terberat terdapat di wilayah Bima Dompu, di mana perubahan tutupan lahan menjadi monokultur jagung menjadi tantangan besar. Untuk mengatasinya, diperlukan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak dan sektor agar indeks tutupan lahan di NTB dapat kembali pulih.

Penghargaan ini menjadi bukti komitmen dan keseriusan NTB dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Diharapkan prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan mencapai target yang lebih tinggi di masa depan.

Baca Juga  Patroli Malam Polsek Sekotong Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman bagi Warga

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *